STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus pada UD. Barokah Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol KabupatenTulungagung)

YENI DWI WULANDARI, 12405183030 (2022) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus pada UD. Barokah Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol KabupatenTulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Diferensiasi Produk untuk Mempertahankan Eksistensi Usaha dalam Perspektif Islam (Studi Kasus pada UD. Barokah Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Yeni Dwi Wulandari, NIM, 12405183030, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen pembimbing Dr. Zulfatun Ni’mah, SHI, M. Hum. Penelitian ini dilatar belakangi oleh usaha sapu UD. Barokah Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung yang terus eksis ditengah banyaknya pelaku usaha sapu lain di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Persaingan usaha yang dihadapi oleh usaha sapu UD. Barokah mengharuskan UD. Barokah melakukan strategi untuk memenangkan persaingan usaha ditengah banyaknya usaha sapu lain di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh UD. Barokah berupa menambahkan stiker yang menarik, menambahkan nama pemilik pada lakop sapu dan membuat ketebalan sapu yang berbeda dengan usaha sapu lain di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung mampu mempertahankan eksistensi usaha UD. Barokah. Rumusan masalah penelitian skripsi ini adalah (1)Bagaimana strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh UD. Barokah untuk mempertahankan eksistensi? (2) Bagaimana tinjauan Islam terhadap strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh UD. Barokah untuk mempertahankan eksistensi usaha? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari tulisan, gambar, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini disimpulkan bahwa Strategi diferensiasi produk pada UD. Barokah Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dilakukan dengan cara : menambahkan stiker yang menarik pada gagang sapu UD. Barokah sehingga terlihat berbeda dengan produk sapu lain, menuliskan nama pemilik pada lakop sapu sebagai ciri khas, membuat produk sapu dengan ketebalan lebih dari sapu di tempat usaha lain di Desa Sumberdadi. Ditinjau dari perspektif Islam, strategi diferensiasi produk untuk mempertahankan eksistensi usaha pada UD. Barokah telah sesuai dengan prinsip syariah Islam yaitu berlaku Shiddiq (Jujur) dan Tabligh (Transparan). Strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh UD. Barokah tersebut mampu mempertahankan eksistensi usaha. Kata Kunci : Stategi, Diferensiasi produk, eksistensi usaha

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183030 Yeni Dwi Wulandari
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:00
Last Modified: 27 Jul 2022 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28351

Actions (login required)

View Item View Item