Ainin Sofia, 12206183010 (2022) PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK KELAS B DI TK PLUS HASYIM ASY’ARI PIKATAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bercerita menggunakan Alat Peraga terhadap Pmebentukan Karakter Anak Kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan” ini ditulis oleh Ainin Sofia, NIM 12206183010, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Errifa Susilo, M. Pd. Kata Kunci : Metode Bercerita, Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam proses pengembangan karakter anak di TK Plus Hasyim Asy’ari selama ini masih menggunakan metode yang kurang menarik dan monoton. Dalam mengembangkan karakter anak guru masih menggunakan metode ceramah yang mana seringkali membuat anak merasa bosan dan kurang tertarik. Akibatnya pembentukan karakter pada usia dini menjadi kurang optimal. Maka dari itu peneliti mengambil salah satu metode pembelajaran yakni metode bercerita sebagai upaya pembentukan karakter bagi anak. Hal ini dikarenakan metode bercerita merupakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Melalui metode bercerita menggunakan alat peraga sebagai alat bantu visualisasi cerita anak akan merasa terhibur sehingga pesan yang terkandung dalam sebuah cerita akan lebih mudah sampai pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode bercerita menggunakan alat peraga terhadap pembentukan karakter toleransi pada anak kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan? (2) Apakah ada pengaruh metode bercerita menggunakan alat peraga terhadap pembentukan karakter disiplin pada anak kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan? (3) Apakah ada pengaruh metode bercerita menggunakan alat peraga terhadap pembentukan karakter mandiri pada anak kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan? Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh kelompok B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan yaitu sejumlah 28 anak. Hasil dari penelitian didapatkan : (1) ada pengaruh terhadap pembentukan karakter toleransi anak kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,00. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) ada pengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin anak kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,00. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) ada pengaruh terhadap pembentukan karakter mandiri anak kelas B di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,01. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0,01 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183010 Ainin Sofia |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28670 |
Actions (login required)
View Item |