diana, dn (2015) PENGARUH KEMAMPUAN MENGAJAR DAN INTERAKSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Download (199kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Download (543kB) |
||
|
Text
BAB 3.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
INSTRUMEN PENELITIAN.pdf Download (222kB) |
||
Text
MOTTO.pdf Download (198kB) |
||
|
Text
PEDOMAN TRANSLITERASI ok..pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Sampul Dalam Tesis.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
SampulLuar Tesis.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
TRANSLITERASI.pdf Download (372kB) |
||
Text
UJI INSTRUMEN.pdf Download (238kB) |
||
|
Text
HASIL INSTRUMEN X1 - lampiran 9.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
HASIL INSTRUMEN X2 - lampiran 10.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
HASIL INSTRUMEN Y - lampiran 11.pdf Download (149kB) |
||
|
Text
HASIL UJI INSTRUMEN X1-lampiran 2.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
HASIL UJI INSTRUMEN X2 - lampiran 4.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
HITUNGAN PRODUC MOMENT MANUAL X1Y - lampiran 18.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
HITUNGAN PRODUC MOMENT MANUAL X2Y - lampiran 19.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
HITUNGAN PRODUC MOMENT MANUAL XY - lampiran 20.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
INSTRUMEN PENELITIAN - lampiran 8.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
LINEARITAS DATA 2 - lampiran 16.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
MULTIKOLI DATA 2 - lampiran 15.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
OTO HITERO DATA 2 - lampiran 14.pdf Download (47kB) | Preview |
|
Image
R TABEL copy - lampiran 22.jpg Download (693kB) |
||
|
Text
REGRESI DATA MODEL 2 - lampiran 13.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
REKAP HASIL ISNTRUMEN XY - lampiran 12.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
UJI INSTRUMEN-- lampiran 1.pdf Download (238kB) |
||
Text
UJI K-S DATA 2 - lampiran 21.pdf Download (16kB) |
||
Text
UJI MULTI DATA 2 - lampiran 17.pdf Download (14kB) |
||
Text
VALIDATITAS X2 - TWO TAILED - lampiran 7.pdf Download (55kB) |
||
Text
VALIDITAS X1-lampiran 3.pdf Download (23kB) |
||
Text
VALIDITAS X2 TWO TAILED-lampiran 6.pdf Download (56kB) |
||
Text
VALIDITAS X2--lampiran5.pdf Download (23kB) |
Abstract
Diana Nur Laili, NIM. 284534012: Pengaruh Kemampuan Mengajar dan Interaksi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Trenggalek, Thesis, PPs IAIN Tulungagung, 2015 Kata Kunci : Kemampuan Mengajar, Interaksi Belajar, Prestasi Belajar Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Oleh karena itu guru yang merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan harus berperan serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. pada setiap diri guru itu terletak tanggung jawab untuk membawa para siswanya pada suatu kedewasaan atau pada taraf kematangan tertentu. Dalam interaksi belajar mengajar yang terpenting adalah guru sebagai pengajar tidak mendominasi kegiatan, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan motivasi dan bimbingan agar siswa dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya, melalui kegiatan belajar. Diharapkan potensi siswa dapat sedikit demi sedikit berkembang menjadi komponen penalaran yang bermoral, manusia-manusia aktif dan kreatif yang beriman. Dalam proses belajar mengajar kemampuan guru dan interaksi belajar yang ada dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar yang dicapai. Kedua hal tersebut memberikan andil membentuk dan mewarnai hasil pembelajaran yang dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini; 1) Bagaimakah pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Trenggalek?, 2) Bagaimanakah pengaruh interaksi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Trenggalek?, 3) Bagaimakan pengaruh secara bersama-sama kemampuan mengajar dan interaksi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Trenggalek? Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan mengajar guru, interaksi belajar, dan prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Ibtidaiyah se-kecamatan Trenggalek, dan untuk menganalisa pengaruh kemampuan mengajar dan interaksi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei, karena untuk mengetahui pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Trenggalek berjumlah 331 siswa dengan jumlah sampel 77 siswa. Data kemampuan mengajar dan interaksi belajar dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunkan skala Likert dengan lima pilihan. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai alat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan teknik alpha cronbach dan telah lulus dari asumsi klasik. Sedangkan data prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di ambil dari nilai ujian awal semester, ujian tengah semester, ulangan harian, dan ujian semester. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama, ada pengaruh antara kemampuan mengajar dengan prestasi belajar siswa, kedua ada pengaruh antara interaksi belajar dengan prestasi belajar siswa, dan ketiga ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan mengajar dan interaksi belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan Guru menunjukkan criteria cukup dengan hasil penelitian 70.10% guru mempunyai kemampuan cukup dalam mengajar. Kemampuan guru mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek, dengan besaran 0,499 atau 49.90% . Dengan analisa korelasi product moment menunjukkan hasil 0,995 dimana lebih besar dari r tabel 0,227. Interaksi belajar menunjukkan criteria cukup dengan hasil data 92.20% menyatakan membawa dampak peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek termasuk criteria baik. Interaksi Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Trenggalek dengan besaran 0.676 atau 67.60%. Dengan analisa korelasi product moment menunjukkan hasil 0,995 dimana lebih besar dari r tabel 0,227. Kemampuan guru dan interaksi belajar mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek, dengan besaran 0,469 atau 46.90% . Dengan analisa korelasi product moment menunjukkan hasil 0,996 dimana lebih besar dari r tabel 0,227
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | diana dn nurlaili |
Date Deposited: | 03 Dec 2015 06:02 |
Last Modified: | 03 Dec 2015 06:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2887 |
Actions (login required)
View Item |