FI'LI INTAN AMALIAH, 12405183286 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN METODE ANALISIS STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) PADA WANA WISATA SUMBER BIRU JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (988kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode Analisis Stengths, Weaknesses, Opportunities, Threats pada Wana Wisata Sumber Biru Jombang" ini ditulis oleh Fi’li Intan Amaliah, NIM 12405183286. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Nurul Fitri Ismayanti,M.E.I. Semakin banyak pariwisata alam memicu persaingan ketat yang dihadapi. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka pemilihan strategi untuk mengembangkan usaha juga harus tepat agar usaha mencapai keberhasilan. Atas dasar ini penulis tertarik melakukan penelitian tentang strategi pengembangan usaha yang ada di Kabupaten Jombang yaitu Wana Wisata Sumber Biru dengan metode analisis SWOT. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strength weakness opportunity threats Wana Wisata Sumber Biru Jombang dan mendeskripsikan strategi pengembangan usaha Wana Wisata Sumber Biru Jombang berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Faktor strength Wana Wisata Sumber Biru terdiri dari harga tiket masuk dan makanan yang terjangkau, pariwisata yang unik, desain lokasi dan suasana nyaman bagi pengunjung, makanan khas desa, dan pemanfaatan teknologi. Untuk faktor weakness terdiri dari lokasi cukup jauh dari pusat kota, tempat duduk diarea wisata terbatas, pelayanan cukup lama dan kurangnya SDM dalam bidangnya. Pada faktor opportunity terdiri dari berdiri dalam naungan BUMDes dan DISPORA, datangnya para influencer, peran konsumen dalam pemasaran serta kepercayaan dan kepuasan pengunjung. Faktor threats pada Wana Wisata Sumber Biru terdiri dari cuaca dan iklim, munculnya banyak pesaing, dan lokasi para pesaing mudah dijangkau. Sehingga strategi pengembangan usaha pada Wana Wisata Sumber Biru setelah dianalisis menggunakan analisis SWOT hasilnya strategi S-O yaitu meningkatakan dan mempertahankan kualitas pariwisata, menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen serta memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi. Untuk strategi W-O yaitu pengadaan pelatihan dan meningkatkan kecepatan pelayanan. Untuk strategi S-T yaitu dengan menjaga mutu, kulitas serta pelayanan. Untuk strategi W-T yaitu penembahan fasilitas tempat duduk dan tempat berteduh. Berdasarakan perhitungan SWOT Wana Wisata Sumber Biru menempati kuadran I berarti strategi pengembangan yang tepat berdasarkan analisis SWOT yaitu strategi S-O. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Analisis SWOT
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183286 Fi'li Intan Amaliah |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28919 |
Actions (login required)
View Item |