EFEKTIVITAS E-COMMERCE SHOPEE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Online Shop Evona Karangrejo Tulungagung)

PUTFUI MARAS ATI, 12405183292 (2022) EFEKTIVITAS E-COMMERCE SHOPEE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Online Shop Evona Karangrejo Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas E-commerce Shopee Sebagai Media Pemasaran pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Online shop Evona Karangrejo Tulungagung)” ini ditulis oleh Putfui Maras Ati, NIM. 12405183292, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. H Ahmad Muhtadi Anshor M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya pandemi covid-19 yang menyerang semua sektor khususnya pada sektor ekonomi, akan tetapi disisi lain pada online shop Evona mengalami jumlah peningkatan penjualan walaupun di tengah puncak pandemi Covid-19 dengan menjual produk secara online melalui E- commerce, serta penggunaan e-commerce di indonesia mengalami peningkatan pada masa pandemi Covid-19 khususnya pada e-commerce shopee. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimana efektivitas e- commerce shopee sebagai media pemasaran pada masa pandemi Covid-19 terhadap online shop Evona Karangrejo Tulungagung?, (2) Apa faktor pendukung pemasaran melalui e-commerce shopee pada masa pendemi Covid-19?, (3) Apa faktor penghambat pemasaran melalui e-commerce shopee pada masa pendemi Covid-19?, (4) Apa solusi yang diterapkan online shop Evona untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan e-commerce shopee sebagai media pemasaran pada masa pandemi Covid-19?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui data primer dan sekunder, data primer yakni diperoleh dari hasil wawancara langsung peneliti kepada narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Efektivitas E-commerce shopee sebagai media pemasaran terhadap online shop Evona pada masa pandemi Covid-19 adalah sudah efektif dilihat dari tiga pendekatan yakni pendekatan sumber, pendekatan proses dan pendekatan sasaran. Penggunaan E-commerce memberikan dampak yang positif, dengan tetap melakukan proses produksi dan melakukan pemasaran serta dapat menjalankan sistem pada aplikasi E-commerce tersebut ditengah pandemi Covid-19. Dengan penggunaan E-commerce ini mampu meningkatkan penjualan dan menambah jumlah pelanggan, (2) Faktor pendukung ialah meliputi banyak program yang ditawarkan pada e-commerce shopee, kemudahan transaksi, dapat menghemat biaya, banyaknya pengguna e-commerce shopee, dapat diakses 24 jam, kenyamanan menjalankan bisnis pada e-commerce, (3) Faktor penghambat ialah meliputi persaingan yang tinggi, jaringan internet, diperlukan keahlian dalam pengoperasian e-commerce, waktu pengiriman barang dan adaptasi kebiasaan baru konsumen, (4) Solusi yang diterapkan adalah pemasangan WIFI, lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan produk yang berbeda, sering mengenalkan e-commerce pada media sosial. Kata Kunci: Efektivitas, E-commerce, Pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183292 Putfui Maras Ati
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:00
Last Modified: 08 Aug 2022 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item