PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI SOSIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENDIDIKAN DI MTS NEGERI SE-KABUPATEN TRENGGALEK

TIO ARI LAKSONO, 128501203021 (2022) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI SOSIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENDIDIKAN DI MTS NEGERI SE-KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (948kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Kewirausahaan dan Kompetensi Sosial Kepala Madrasah terhadap Kepuasan Pelanggan Pendidikan di MTsN se-Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Tio Ari Laksono dengan Pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Kepala Madrasah, Kompetensi Kewirausahaan Kepala Madrasah, Kompetensi Sosial Kepala Madrasah, Kepuasan Pelanggan Pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya tanggapan yang diberikan oleh pelanggan pendidikan atas tidak terpenuhinya kebutuhan, sehingga menimbulkan rasa kecewa terhadap hasil yang didapatkan. Kepemimpinan merupakan suatu masalah yang komplek dan sulit, kepala madrasah belum mampu menjadikan dirinya sebagai figur atau model yang bisa ditiru. Kepala madrasah hanya mengacu pada rutinitas kerja sehingga kurang memiliki gagasan yang kreatif dan inovatif dalam upaya menciptakan hal-hal yang sebelumnya belum dicapai madrasah. Kepala madrasah belum mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi peningkatan mutu madrasah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi kompetensi kepribadian kepala madrasah (X1), kompetensi kewirausahaan kepala madrasah (X2), kompetensi sosial kepala madrasah (X3) dan kepuasan pelanggan pendidikan (Y) di MTsN se-kabupaten Trenggalek?; (2) Apakah ada pengaruh X1 terhadap X2?; (3) Apakah ada pengaruh X1 terhadap X3?; (4) Apakah ada pengaruh X1 terhadap Y?; (5) Apakah ada pengaruh X2 terhadap X3?; (6) Apakah ada pengaruh X2 terhadap Y?; (7) Apakah ada pengaruh X3 terhadap Y?; (8) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X2?; (9) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X3?; (10) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X2 terhadap Y melalui X3?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ditinjau dari tingkat eksplanasinya. Pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang datanya dinyatakan dalam angka dan dianalisis dengan teknik statistik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasi, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Teknik pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan penyebaran kuesioner tertutup, disediakan jawabannya untuk dipilih menurut apa yang dianggap cocok dengan pendapat dan keyakinan responden. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji deskriptif dari 76 item pernyataan dengan jumlah 311 responden sebagai berikut: kompetensi kepribadian kepala madrasah (X1) memperoleh rata-rata 73,77, nilai tengah 74,63 dan standar deviasi 6,260. Kompetensi kewirausahaan kepala madrasah (X2) memperoleh rata-rata 63,86 nilai tengah 63,98 dan standar deviasi 5,92. Kompetensi sosial kepala madrasah (X3) memperoleh rata-rata 77,80 nilai tengah 78,05 dan standar deviasi 5,66. Kepuasan pelanggan pendidikan (Y) memperoleh rata-rata 112,72 nilai tengah 112,87 dan standar deviasi 9,05; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 terhadap X2 dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, nilai t penelitian sebesar 28,908 > t tabel (1,967) sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan nilai Beta sebesar 0,854; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 terhadap X3 dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, nilai t penelitian sebesar 24,448 > t tabel (1,967) sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan nilai Beta sebesar 0,812; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 terhadap Y dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, nilai t penelitian sebesar 15,974 > t tabel (1,967) sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan nilai Beta sebesar 0,673; (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X2 terhadap X3 dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, nilai t penelitian sebesar 35,313 > t tabel (1,967) sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan nilai Beta sebesar 0,895; (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X2 terhadap Y dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, nilai t penelitian sebesar 18,999 > t tabel (1,967) sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan nilai Beta sebesar 0,734; (7) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X3 terhadap Y dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, nilai t penelitian sebesar 19,470 > t tabel (1,967) sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan nilai Beta sebesar 0,742; (8) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X2 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung 0,673 dan pengaruh tidak langsung sebesar 1,299 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X2 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y; (9) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X3 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,673 dan pengaruh tidak langsung sebesar 1,275 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X3 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y; (10) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X2 terhadap Y melalui X3 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,734 dan pengaruh tidak langsung sebesar 1,398 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X2 melalui X3 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Kesejahteraan Sosial
Kinerja Pegawai
Komunikasi Islam
Layanan Publik
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen Dakwah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Masyarakat Islam
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201163294 Tio Ari Laksono
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:20
Last Modified: 22 Aug 2022 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item