PENERAPAN STRATEGI WORD OF MOUTH MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi kasus di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa Desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo)

NOPINDRA KURNIANTO, 12405173183 (2022) PENERAPAN STRATEGI WORD OF MOUTH MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi kasus di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa Desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PENERAPAN STRATEGI WORD OF MOUTH MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa Desa Grogol Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo)” ditulis oleh Nopindra Kurnianto, NIM 12405173183, Pembimbing Suminto, M. Pd. I. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan strategi penjualan produk pupuk kompos yang berbeda dengan sebelumnya dari media sosial dan banner menjadi strategi word of mouth marketing, karena strategi ini jangkauannya sangat luas dan dijelaskan bahwa word of mouth marketing tidak mempunyai hambatan fisik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan konsep strategi word of mouth marketing dalam meningkatkan volume penjualan di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi word of mouth marketing dalam meningkatkan volume penjualan di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa. (3) Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi strategi word of mouth marketing dalam meningkatkan volume penjualan di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik dan juga karyawan Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Konsep strategi pemasaran yang dilakukan pada usaha Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, usaha Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa menawarkan variasi produk yang beragam dan melakukan Penentuan kelayakan produk dengan cara memperhatikan kualitas barang. (2) Implementasi Strategi Word Of Mouth Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa Usaha pupuk Adi Jaya Sentosa melakukan strategi promosi melalui beberapa cara seperti memanfaatkan promosi mulut ke mulut atau word of mouth marketing hingga memanfaatkan media lain. Promosi mulut ke mulut atau word of mouth marketing dilakukan oleh pelanggan yang pernah melakukan transaksi jual beli di usaha Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa dan merekomendasikannya kepada pihak lain. (3) Kendala Strategi Pemasaran pada Usaha Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa yaitu: terhambatnya proses produksi, banyaknya pesaing, da harga yang tidak menentu. Adapun solusinya yaitu pelanggan tetap dan juga galangan (toko) yang ada di luar pulau, Pengrajin pupuk yang bekerja sama dengan usaha Industri Pupuk Kompos Adi Jaya Sentosa, Kualitas poduk benar-benar dijaga, Lokasi pemasaran yang strategis. Kata Kunci : Word Of Mouth Marketing, dan Volume Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173183 NOPINDRA KURNIANTO
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:13
Last Modified: 11 Aug 2022 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29305

Actions (login required)

View Item View Item