PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI IPA MAN 1 JOMBANG

AULIANI YUNIKA RACHMASARI, 12212183097 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI IPA MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Materi Koloid Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Jombang” ini ditulis oleh Auliani Yunika Rachmasari, NIM. 12212183097, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, koloid Salah satu materi kimia yang sulit dan abstrak adalah materi Koloid. Hal ini dikarenakan dalam ilmu kimia bukan hanya mempelajari konsep teori saja, melainkan terdapat hitungan dan praktikum. Untuk menciptakan pembelajaran kimia yang menarik dibutuhkan penerapan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang menyenangkan mengakibatkan semangat belajar siswa menjadi rendah sehingga dapat menghambat proses dalam menerima pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Selain itu, rendahnya keterampilan berpikir kritis disebabkan oleh siswa yang kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Salah satu cara yang digunakan untuk mengembangkan sistem belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa adalah menerapakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid kelas XI IPA MAN 1 Jombang, (2) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI IPA MAN 1 Jombang, (3) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI IPA MAN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain control posttest only group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol terdiri dari 38 siswa dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 38 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen tes divalidasi oleh tiga dosen kimia UIN Satu Tulungagung dan satu guru kimia MAN 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi koloid siswa kelas XI IPA MAN 1 Jombang, (2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Jombang, (3) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183097 AULIANI YUNIKA RACHMASARI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:31
Last Modified: 11 Aug 2022 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29366

Actions (login required)

View Item View Item