ALFI MASHURI, 12405183205 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MAKANAN ASING DALAM MENINGKATKAN OMZET USAHA PASCA COVID-19 (Studi Kasus Pada Dimsum Ratu Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Bisnis Makanan Asing Dalam Meningkatkan Omzet Usaha Pasca Covid-19 (Studi Kasus Pada Dimsum Ratu Tulungagung)” ini ditulis oleh Alfi Mashuri dengan NIM 12405183205, pembinbing Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah masalah terkait dengan tingginya persaingan usaha antar pelaku usaha. Sebagai contoh masalah adalah Dimsum Ratu Tulungagung yang merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan makanan dengan produk olahan dimsum, dimana dalam era ekonomi modern seperti saat ini, setiap usaha harus memiliki strategi penjualan yang efektif dan efisien sehingga dapat bersaing dengan usaha lainnya. Namun faktanya Dimsum Ratu Tulungagung belum dapat menerapkan strategi yang tepat. Oleh karena itu, diperlukanya sebuah strategi pengembangan yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis strategi promosi yang dilakukan Dimsum Ratu Tulungagung dalam meningkatkan omzet usaha Pasca Covid-19. 2) Untuk menganalisis strategi inovasi produk yang dilakukan Dimsum Ratu Tulungagung dalam meningkatkan omzet usaha Pasca Covid-19. 3) Untuk menganalisis strategi kerjasama yang dilakukan Dimsum Ratu Tulungagung dalam meningkatkan omzet usaha Pasca Covid-19. 4) Untuk menganalisis kendala yang dihadapi dan bagaiman solusi dalam penerapan strategi pengembangan bisnis yang dilakukan Dimsum Ratu Tulungagung Pasca Covid-19 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diperoleh dari informan, situasi lokasi, dan berkas dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan cara dengan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dan pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Strategi pengembangan yang diterapkan oleh dimsum Ratu Tulungagung dalam meningkatkan omzet usaha pasca pandemi yaitu dengan melakukan promosi secara langsung, memanfaatkan media sosial hingga memanfaatkan aplikasi grab untuk menunjang promosi yang dilakukan. 2) Melakukan inovasi dalam produk yang ditawarkan. 3) menjalin kerjasama yang baik kepada pemasok bahan baku, keryawan, serta pelangan. 4) Kendala yang dihadapi dan solusi yang tepat dalam penerapan strategi pengembangan bisnis Dimsum Ratu Tulungagung yaitu untuk kendala yang dihadapi, terjadi pada keterlambatan bahan bakunya yang mana mengakibatkan stok dari ketersediaan produk yang ditawarkan mengalami kekurangan, Sedangkan permintaan dari para customer atau pembeli mengalami peningkatan. Dalam mengatasi kendala yang ada, yang mana keterlambatan bahan baku yang datang. Solusinya yaitu dengan selalu mengecek akan ketersediaan barang yang dimiliki yang mana dengan tetap menyediakan produk demi ketersedian barang. Kata Kunci: Bisnis Makanan, Strategi Pengembangan, Omzet
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183205 Alfi Mashuri |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:06 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29426 |
Actions (login required)
View Item |