OPTIMALISASI STRATEGI BERSAING DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI LOGAM “IYAN ALUMUNIUM” DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung)

FEREN SAFARINGGA, 12402183385 (2022) OPTIMALISASI STRATEGI BERSAING DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI LOGAM “IYAN ALUMUNIUM” DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Strategi Bersaing Dalam Perkembangan Industri Logam “Iyan Alumunium” Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung) oleh Feren Safaringga, NIM. 12402183385, pembimbing oleh Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Konteks dalam penelitian ini yaitu berawal dari semakin ketatnya persaingan industri aluminium di Kabupaten Tulungagung. Salah satu industri aluminium yang unggul yaitu Iyan Aluminium yang terletak di Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengatahui secara lebih mendalam bagaimana strategi harga, strategi pelayanan, dan strategi produk yang diterapkan oleh Iyan Aluminium dalam memenangkan persaingan dari usaha serupa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi bersaing pada kualitas harga yang diberikan industri Iyan Alumunium Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan strategi bersaing pada kualitas pelayanan yang diberikan industri Iyan Alumunium Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan strategi bersaing pada kualitas produk yang diberikan industri Iyan Alumunium Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Data yang digunakan yaitu berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik dan karyawan, pelanggan dan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal-jurnal penelitan dan lain-lain. Teknik pengumpulan data dari diperoleh dari wawancara secara mendalam. Teknik analisis data yaitu dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, paparan data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data terdiri dari credibility, transferability, dependability, confirmability, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi bersaing dengan kualitas harga yang diterapkan pada industri Iyan Aluminium didasarkan pada kualitas dari produk yang diciptakan. Penentuan harga dilakukan dengan cara menghitung biaya bahan baku, ongkos proses pembuatan, serta dengan mencari informasi harga pasaran yang diterapkan oleh beberapa industri serupa. (2) Strategi kualitas pelayanan yang diberikan oleh industri Iyan Aluminium yaitu dengan menerima permintaan variasi produk, memberikan gambaran produk, menerapkan ketepatan waktu dari mulai proses pembuatan produk hingga pengiriman. (3) Strategi kualitas produk pada industri Iyan Aluminium yaitu dengan memberikan keunggulan produk terutama pada ketahanan atau keawetan dan juga anti karat dan membuat variasi produk sesuai dengan fungsinya. Ditinjau dari etika bisnis islam dengan sifat Nabi Muhammad SAW, pihak pemilik yaitu Bapak Imam Muslim telah menerapkan keempat sifat yaitu shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh dalam menjalankan usahanya. Kata Kunci: strategi bersaing, harga, pelayanan, produk, etika bisnis islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Feren Safaringga
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:26
Last Modified: 26 Aug 2022 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29460

Actions (login required)

View Item View Item