STRATEGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS CV SINAR MENTARI GROUP DESA SUMBERJATI KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR)

NINDA AMALIA NINGRUM, 12402183248 (2022) STRATEGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS CV SINAR MENTARI GROUP DESA SUMBERJATI KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Dan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus CV Sinar Mentari Group Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)”, ditulis oleh Ninda Amalia Ningrum, NIM 12402183248, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran UMKM yang sangat membantu dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam UMKM yang bisa mengembangkan sumber daya manusia dan mengembangkan perekonomian masyarakat. Salah satunya CV Sinar Mentari Group, perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan pakan ternak, berada di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, yang mana masyarakat sekitar dapat terbantu dengan adanya lapangan pekerjaan yang dibuka oleh CV Sinar Mentari Group. Peneliti tertarik untuk menggali lebih jauh bagaimana CV Sinar Mentari Group bisa mengembangkan sumber daya manusia dan perekonomian masyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi CV Sinar Mentari Group dalam mengembangkan sumber daya manusia?, (2) Bagaimana strategi CV Sinar Mentar Group dalam meningkatkan perekonomian masyarakat? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Tahap penelitian melalui tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan pelaporan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan sumber daya manusia dikelola CV Sinar Mentari Group, melalui program pelatihan, serta program kompetensi dan keahlian. (2) Strategi peningkatan perekonomian masyarakat dikelola oleh CV Sinar Mentari Group melalui membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, memiliki relasi yang baik dengan masyarakat, dan pemeliharaan infrasturktur desa. Kata Kunci: strategi UMKM, Pengembangan sumber daya manusia, perkonomian masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi 12402183248 Ninda Amalia Ningrum
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:16
Last Modified: 18 Aug 2022 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item