ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI SPLDV DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 NGAWI

FAYA ANJELITA, 12204183200 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI SPLDV DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 NGAWI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

ABSTRAK Faya Anjelita, 12204183200, 2022 “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi SPLDV Ditinjau Dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII MTsN 1 Ngawi”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Open Ended, Adversity Quotient. Latar Belakang penelitian dalam skripsi ini adalah rendanya kemampuan matematika siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa hanya bergantung pada guru ataupun dalam menyelesaikan permasalahan siswa hnaya menggunakan rumus yang telah disampaikan oleh guru saja tanpa mencari solusi lain, siswa memiliki kebiasaan mengerjakan soal yang hanya mempunyai jawaban tunggal dan masih kurangnya latihan soal dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa terlalu berpatokan pada contoh soal yang diberikan oleh gurunya. Untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa, peneliti memberikan beberapa masalah dengan tipe soal open ended yang ditinjau dari Adversity Quotient untuk dipecahkan atau diselesaikan oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan tingkat beripikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah open-ended materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa kelas VIII MTsN 1 Ngawi. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat beripikir kreatif siswa dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah open-ended materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa kelas VIII MTsN 1 Ngawi. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat beripikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah open-ended materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa kelas VIII MTsN 1 Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendapatkan data yang lebih mendetail dan rinci tentang tingkat berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII-D dengan 3 kriteria siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah dengan masing-masing kriteria adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah fluency, flexibility dan elaboration. 2) tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemmapuan sedang ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah fluency, flexibility dan elaboration. 3) tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah ada pada tingkat 1 (kurang kreatif). Komponen yang dipenuhi adalah fluency.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183200 Faya Anjelita
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:44
Last Modified: 19 Aug 2022 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item