NI'MATUL NURONNIYAH, 128505203020 (2022) PENGARUH PENGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Guided Note Taking Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Ni’matul Nuronniyah dengan dibimbing oleh dan Dr. Muhamad Zaini, M.A dan Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Metode Guided Note Taking, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Lemahnya motivasi dan prestasi belajar siswa di kalangan peserta didik setingkat sekolah dasar dikarenakan aktivitas belajar mengajar yang masih pasif. Faktor lain ialah kurang efektifnya penggunaan metode dalam pembelajaran di lingkungan madrasah, siswa tidak dilibatkan secara aktif, serta lingkungan belajar yang tidak kondusif. Peneliti menemukan fakta melalui observasi bahwa masih terdapat 69% siswa dari 38 siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol yang memiliki motivasi dan prestasi yang rendah. Asumsi peneliti bahwa dengan adanya metode pembelajaran Guided Note Taking dapat berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Seberapa baik penggunaan metode guided note taking pada pembelajaran fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Sumbergempol Tulungagung? (2) Seberapa tinggi motivasi belajar pada pembelajaran fiqih? (3) Seberapa tinggi prestasi belajar pada pembelajaran fiqih? (4) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi dan prestasi belajar fiqih? (5) Adakah pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar intrinsik fiqih? (6) Adakah pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar ekstrinsik fiqih? (7) Adakah pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar kognitif fiqih? (8) Adakah pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar afektif fiqih? (9) Adakah pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar psikomotorik fiqih? (10) Apakah terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar intrinsik fiqih? (11) Apakah terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar ekstrinsik fiqih? (12) Apakah terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar kognitif fiqih? (13) Apakah terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar afektif fiqih? (14) Apakah terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar psikomotorik fiqih?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Desain ini hampir sama dengan pretest – posttest control group design, namun pada desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sampel penelitian kelas V-A (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa dan kelas V-B (kelas kontrol) berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji t-tes dan uji manova. Hasil penelitiannya adalah (1) berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel penggunaan metode guided note taking pada pembelajaran fiqih di MI Hidayatul Mubtadiin Sumbergempol Tulungagung dalam kategori baik yang ditunjukkan presentase sebesar 42%, (2) berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel motivasi belajar pada pembelajaran fiqih dalam kategori tinggi yang ditunjukkan presentase sebesar 31%, (3) berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel prestasi belajar pada pembelajaran fiqih dalam kategori tinggi yang ditunjukkan presentase sebesar 37%, (4) ada pengaruh signifikan penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi dan prestasi belajar fiqih dibuktikan dengan memiliki signifikasi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (5) ada pengaruh signifikan penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar intrinsik fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,003 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (6) ada pengaruh signifikan penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar ekstrinsik fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (7) ada pengaruh signifikan penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar kognitif fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (8) ada pengaruh signifikan penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar afektif fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (9) ada pengaruh signifikan penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar psikomotorik fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (10) ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar intrinsik fiqih di dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (11) ) ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap motivasi belajar ekstrinsik fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (12) ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (13) ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (14) ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap prestasi belajar psikomotorik fiqih dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 128505203020 NI'MATUL NURONNIYAH |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 05:48 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 05:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29729 |
Actions (login required)
View Item |