HANAFI ADRY SAPUTRA, 17401163458 (2022) PERAN REMIDIAL DALAM MENGATASI PEMBIAYAAN BERMASALAH SERTA CARA PENYELAMATANNYA PADA PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Remidial Dalam Mengatasi Pembiayaan Bermasalah Serta Cara Penyelamatannya Pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri” ini ditulis oleh Hanafi Adtry Saputra, NIM.17401163458, dengan Pembimbing Ahmad Syaiconi, M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinyaifenomenailapangan ipembiayaan ibermasalah idalam icara ipenyelamatan ipembiayaan ibermasalah iini iadalah inasabah itidak ikoperatif, isulit idi itemui, isulit idi ihubungi, imenghindar. iNasabah imelakukan iperlawanan i(fisik, ihukum i– igugatan i), iada ijuga inasabah iyang imasih ikoperatif idan idi iberi ipenawaran iR3. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk imendeskripsikan ifaktor iyang menyebabkan iterjadinya ipembiayaan ibermasalah ipada iPT. iBANK iBNI Syariah iKC iKediri (2) Untuk imengetahui cara penyelesaian penanganan pembiayaan bermasalah pada PT.BANK BNI Syariah KC Kediri (3) Untuk mengetahui keterkaitan peran remidial dalam penangananipembiayaan imurabahah ibermasalah ipada iPT. iBANK iBNI iSyariah iKC ikediri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui wawancara dengan RRH (Recovery & Remedial Head), Consumer processing dan financing sales assistant bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri. Dan data sekunder berupa dokumen-dokumen, slip, brosur produk serta informasi lain yang tertulis. Teknik analisis data yang digunakan ada 3 tahapan yaitu, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa BNI Syariah Kantor Cabang Kediri dalam kegiatan penyaluran dana yang berupa produk pembiayaan, mendapatkan resiko yang cukup tinggi yakni potensi pembiayaan bermasalah. Penyelesaian pembiayaan bermasalah dalam Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri yaitu Reguler collection yaitu Penagihan dengan cara menelpon dan mendatangi secara langsung debitur pembiayaan, Restrukturisasi atau Melakukan perubahan skema pembayaran, perubahan jatuh tempo pembayaran, penurunan jumlah angsuran per bulan, Lawyer atau Melakukan kerjasama dengan lawyer untuk tindakan somasi kepada debitur pembiayaan yang bermasalah, dan lelang atau Melakukan pelelangan atas barang jaminan atau agunan milik debitur untuk melunasi pembiayaan. Kata Kunci: Peran Remidial, Pembiayaan Bermasalah, Cara Penyelamatannya Pada Bank Syariah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401163458 HANAFI ADRY SAPUTRA |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 02:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30074 |
Actions (login required)
View Item |