PENGARUH MODAL, MOTIVASI, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

ANJAR OKTAVIANI, 12402183341 (2022) PENGARUH MODAL, MOTIVASI, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI pdf.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Modal, Motivasi, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” ini ditulis oleh Anjar Oktaviani, NIM. 12402183341, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Pembimbing Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bertambahnya lulusan sarjana setiap tahunnya serta melemahnya daya serap tenaga kerja dibeberapa sektor industri, dan pada akhirnya mengakibatkan pengangguran. Sehingga perlu diketahui bagaimana minat mahasiswa dalam memualai usaha pada mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Terdapat beberapa Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha diantaranya yaitu modal, motivasi, dan pengetahuan kewirausahaan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah modaI berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa? (2) Apakah motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ? (3) Apakah pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ? (4) Apakah modaI, motivasi dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2018. Teknik sampling pada penelitian ini adalah probability sampling dengan tipe proportional random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden dari seluruh mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2018, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Sumber data yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda, uji -t, uji –f dan uji koefisien determinasi (R square) menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (3) pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (4) secara simultan modal, motivasi, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Kata Kunci: modal, motivasi, pengetahuan kewirausahaan, minat berwirausaha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183341 Anjar Oktaviani
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:52
Last Modified: 30 Aug 2022 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item