KONSISTENSI PENERAPAN PRINSIP BISNIS SYARIAH PADA UMKM UD. KRUPUK RENGDY GUNA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN SERTA UNTUK MENUNJANG CITRA BISNIS PERUSAHAAN

SINDI NUR SAFITRI, 12405183085 (2022) KONSISTENSI PENERAPAN PRINSIP BISNIS SYARIAH PADA UMKM UD. KRUPUK RENGDY GUNA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN SERTA UNTUK MENUNJANG CITRA BISNIS PERUSAHAAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Konsistensi Penerapan Prinsip Bisnis Syariah Pada UMKM UD. Krupuk RengDy Guna Mempertahankan Loyalitas Konsumen Serta untuk Menunjang Citra Bisnis Perusahaan” di Ds. Tanjungtani, Rt. 17/Rw. 05, Kec. Prambon, Kab. Nganjuk ini ditulis oleh Sindi Nur Safitri, dengan NIM. 12405183085. Pembimbing oleh Dr. Sutopo M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi usaha pada zaman sekarang, bahwa banyaknya sistem oleh dunia barat atau sistem yang lebih modern sudah mulai marak diikuti oleh wirausahawan non muslim maupun wirausahawan muslim. Terlebih bagi wirausahawan muslim yang mulai meninggalkan aturan- aturan sesuai syariah. Oleh sebab itu peneliti tertarik dalam melakukan penelitian pada UD. Krupuk RengDy bahwa dengan adanya sistem modern tersebut bagaimana saja penerapan prinsip bisnis syariah yang terdapat pada UMKM ini. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja bentuk penerapan prinsipbisnis syariah yang dilakukan oleh UMKM UD. Krupuk RengDy dalam mempertahankan loyalitas konsumen serta untuk menunjang citra bisnis perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Serta pada penelitian menggunakan sumber data primer yang dilakukan dengan cara terjun langsung untuk melakukan pengamatan kepada informan dan kemudian peneliti merekam atau menulis langsung jawaban dari informan atau narasumber tersebut. Yang kemudian nantinya akan dijadikan sumber data peneliti dalam mengumpulkan informasi untuk riset. Hasil dari pada penelitian ini adalah bahwa terdapat enam prinsip bisnis syariah yang dilakukan oleh UD. Krupuk RengDy, yaitu 1. akad jual beli secara islam,kegiatan transaksi yang dilakukan secara islam, menjamin kehalalan produk, tanggung jawab sosial sebagai wirausahawan muslim, kemudian perolehan dana atau modal, dan zakat perdagangan yang selalu ditunaikan oleh UD. Krupuk RengDy. 2. Selanjutnya terdapat tiga strategi dalam mempertahankan loyalitas konsumen yaitu dengan cara memberikan kepuasan, mencakup (kepuasan konsumen terhadap produk, pelayanan, pengemasan produk, dan penetapan harga), menciptakan ikatan emosi, serta strategi untuk menjaga Kepercayaan (kepercayaan terhadap produk, kepercayaan terhadap pelayanan, dan kepercayaan terhadap pemasaran). 3. Upaya dalam menunjang citra bisnis perusahaan terdapat tiga upaya yang dilakukan oleh UMKM ini antara lain kecakapan leader,perusahaan dalam membangun hubungan masyarakat, serta perusahaan dalam menciptakan persepsi positif konsumen. Kata Kunci: Prinsip Bisnis Syariah, Loyalitas Konsumen, Citra Bisnis Perusahaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183085 Sindi Nur Safitri
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:57
Last Modified: 12 Sep 2022 08:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30167

Actions (login required)

View Item View Item