PENERAPAN MANAJEMEN SYARIAH DALAM PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Fillet Ikan Patin di CV. Wahana Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)

RINDI HERLIYANA, 12405183032 (2022) PENERAPAN MANAJEMEN SYARIAH DALAM PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Fillet Ikan Patin di CV. Wahana Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Manajemen Syariah Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran (Studi kasus pada fillet ikan patin di CV. Wahana Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)", yang ditulis Rindi Herliyana NIM 12405183032, pembimbing Dr. Kutbudin Aibak, S.Ag., M.H.I Penelitian ini didasari oleh meningkatnya harga bahan baku ikan patin akan mempengaruhi proses produksi perusahaan khususnya fillet ikan patin. CV Wahana sebagai salah satu perusahaan yang menggunakan bahan baku ikan patin mengharuskan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing dengan pasar nasional. Peneliti mengangkat permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut: 1)Bagaimana penerapan planning, organizing, actuating, dan controlling manajemen syariah dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Wahana di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dalam penjualan fillet ikan patin? 2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam menjalankan proses produksi fillet ikan patin pada CV. Wahana di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek? 3) Bagaimana solusi yang tepat dalam mengatasi masalah-masalah yang ada dalam proses produksi fillet ikan patin pada CV. Wahana di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) planning, organizing, actuating, dan controlling manajemen syariah terhadap Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh CV. Wahana dalam penjualan fillet ikan patin dapat disimpulkan bahwa masing-masing pihak telah menjalankan bagian pekerjaanya sesuai dengan kewajiban yang telah disepakati. (2) Terdapat beberapa faktor baik internal maupun eksternal yang menjadi pendukung dan penghambat proses produksi hingga pemasaran CV. Wahana. Faktor pendukung dari perusahaan CV. Wahana adalah proses produksi menggunakan teknik dan teknologi yang modern. Adapun faktor penghambat proses produksi dan pemasaran CV.Wahana yaitu sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan masih ada yang belum bisa memahami tugasnya. (3) CV. Wahana memerlukan solusi yang tepat untuk mengatasinya guna bertujuan mengembangkan daur hidup produksi dan pemasaran yaitu dengan cara mengoptimalkan fungsi SDM untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah. Kata Kunci: Manajemen Syariah, Strategi Pemasaran, POAC, Faktor pendukung, Faktor Penghambat, Solusi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183032 Rindi Herliyana
Date Deposited: 07 Sep 2022 00:58
Last Modified: 07 Sep 2022 00:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30247

Actions (login required)

View Item View Item