META-ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI BIOLOGI DI JENJANG SMA

NIKEN ARI ANGGRAENI, 12208183095 (2022) META-ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI BIOLOGI DI JENJANG SMA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Meta-Analisis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Biologi Di Jenjang SMA” ditulis oleh Niken Ari Anggraeni, NIM. 12208183095, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Meta-Analisis, Discovery Learning, Berpikir Kritis, Biologi Model pembelajaran discovery learning telah banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Belum diketahui bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis terkhususnya materi pelajaran Biologi di jenjang SMA. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis dengan meneliti kembali hasil penelitian terdahulu. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain yaitu (1) mendeskripsikan meta-analisis model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis di jenjang SMA, (2) mendeskripsikan meta-analisis model discovery learning terhadap mata pelajaran Biologi di jenjang SMA, (3) mendeskripsikan meta-analisis model discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh hasil publikasi ilmiah berupa artikel penelitian, skripsi, jurnal penelitian yang terkait dengan model pembelajaran discovery learning, kemampuan berpikir kritis, dan mata pelajaran Biologi di jenjang SMA. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 publikasi ilmiah berupa jurnal penelitian, skripsi dan juga tesis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analisis. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan analisis besar pengaruh atau effect size dengan rumus Glass. Berdasarkan hasil analisis rata-rata, uraian hasil penelitian yaitu (1) perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori besar, (2) perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap mata pelajaran Biologi yaitu 0,55 dan termasuk kedalam kategori besar. (3) perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia, untuk wilayah pulau Jawa memperoleh nilai effect size yaitu 0,42 dan termasuk kategori besar, untuk wilayah pulau Sumatera sebesar 0,61 dan termasuk kedalam kategori besar, sedangkan untuk wilayah pulau Sulawesi sebesar 0,68 dan termasuk kedalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning sangat efektif diterapkan pada materi pelajaran Biologi di jenjang SMA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183095 Niken Ari Anggraeni
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:38
Last Modified: 07 Sep 2022 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item