NIKEN ARI ANGGRAENI, 12208183095 (2022) META-ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI BIOLOGI DI JENJANG SMA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Meta-Analisis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Biologi Di Jenjang SMA” ditulis oleh Niken Ari Anggraeni, NIM. 12208183095, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Meta-Analisis, Discovery Learning, Berpikir Kritis, Biologi Model pembelajaran discovery learning telah banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Belum diketahui bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis terkhususnya materi pelajaran Biologi di jenjang SMA. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis dengan meneliti kembali hasil penelitian terdahulu. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain yaitu (1) mendeskripsikan meta-analisis model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis di jenjang SMA, (2) mendeskripsikan meta-analisis model discovery learning terhadap mata pelajaran Biologi di jenjang SMA, (3) mendeskripsikan meta-analisis model discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh hasil publikasi ilmiah berupa artikel penelitian, skripsi, jurnal penelitian yang terkait dengan model pembelajaran discovery learning, kemampuan berpikir kritis, dan mata pelajaran Biologi di jenjang SMA. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 publikasi ilmiah berupa jurnal penelitian, skripsi dan juga tesis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analisis. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan analisis besar pengaruh atau effect size dengan rumus Glass. Berdasarkan hasil analisis rata-rata, uraian hasil penelitian yaitu (1) perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori besar, (2) perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap mata pelajaran Biologi yaitu 0,55 dan termasuk kedalam kategori besar. (3) perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia, untuk wilayah pulau Jawa memperoleh nilai effect size yaitu 0,42 dan termasuk kategori besar, untuk wilayah pulau Sumatera sebesar 0,61 dan termasuk kedalam kategori besar, sedangkan untuk wilayah pulau Sulawesi sebesar 0,68 dan termasuk kedalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning sangat efektif diterapkan pada materi pelajaran Biologi di jenjang SMA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183095 Niken Ari Anggraeni |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30255 |
Actions (login required)
View Item |