EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS AND THEIR LEARNING PRACTICES TOWARD THE USE OF ONLINE LEARNING PLATFORMS DURING THE COVID-19 PANDEMIC

ALFIN MUTHOHAROH, 12510194014 (2022) EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS AND THEIR LEARNING PRACTICES TOWARD THE USE OF ONLINE LEARNING PLATFORMS DURING THE COVID-19 PANDEMIC. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Muthoharoh, Alfin. Nomor Mahasiswa 12510194014. 2021. Persepsi Mahasiswa EFL dan Praktik Pembelajarannya terhadap Penggunaan Platform Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Thesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pascasarjana. Institut Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Susanto, M.Pd. dan Dr. Ida Isnawati, M.Pd. Kata kunci: Platform Pembelajaran Online, Persepsi, Praktik Pembelajaran EFL Karena pandemi Covid-19, platform pembelajaran online semakin banyak digunakan dalam pembelajaran. Berbagai platform pembelajaran online dicoba dan digunakan dalam Instruksi Bahasa Inggris. Penelitian ini kemudian dimaksudkan untuk menggambarkan persepsi dan praktik pembelajaran EFL mahasiswa UIN Tulungagung terhadap penggunaan platform pembelajaran online dalam pembelajaran EFL. Penelitian ini didasarkan pada argumen bahwa penggunaan platform pembelajaran online selama Covid19 tidak dapat dihindari. Jadi, siswa harus melatih diri untuk belajar menggunakan platform pembelajaran online untuk mendukung proses belajar mereka. Penelitian ini melibatkan 227 peserta yang terdiri dari semester 2, 4, 6 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara serta dianalisis menggunakan pendekatan metode campuran. Hasil penelitian menunjukkan peserta berpersepsi positif bahwa platform pembelajaran online adalah alat yang efektif untuk belajar karena mereka dapat membantu siswa untuk meningkatkan pembelajaran mereka melalui siswa aktif dalam melatih keterampilan bahasa Inggris, mengembangkan interaksi dan komunikasi, mudah mengakses materi, melakukan dan menyerahkan tugas. , dan sangat membantu untuk memulihkan gap studi di masa pandemi Covid-19 ini. Temuan juga menunjukkan bahwa siswa menggunakan platform pembelajaran online dalam situasi formal dan informal. Platform pembelajaran online yang paling efektif dan efisien dalam pembelajaran informal adalah Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan WhatsApp. Sedangkan pembelajaran informal adalah Youtube dan Instagram. Kegiatan belajar siswa di dalam kelas, mereka mengikuti kelas dengan menyampaikan atau mendengarkan presentasi melalui video conference, melatih kemampuan bahasa Inggris, dan diskusi. Sedangkan untuk kegiatan di luar kelas tergantung kebutuhan siswa dan platform pembelajaran online apa yang digunakan. Selain itu, siswa juga menggunakan platform pembelajaran online seperti Zoom, Google Classroom, WhatsApp, Edmodo Schoology, E-learning, dan platform lainnya untuk alat evaluasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S2 12510194014 ALFIN MUTHOHAROH
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:52
Last Modified: 16 Sep 2022 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item