PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK

FIKA HAYYATUN NAFI'AH, 12204183283 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Trenggalek” ditulis oleh Fika Hayyatun Nafi’ah, NIM 12204183283, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Google Classroom, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik serta dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang dijelaskan. Salah satu model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik adalah model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom terhadap pemahaman konsep matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek. 2) pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek. 3) besarnya pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom terhadap pemahaman konsep matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek yang berjumlah 324 peserta didik dengan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Probability Sampling yaitu berupa cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent sample t test dan uji Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom terhadap pemahaman konsep matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek. 2) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek. 3) pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan media google classroom terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika materi trigonometri pada peserta didik kelas X SMAN 2 Trenggalek adalah 0‚6 tergolong kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183283 Fika Hayyatun Nafi'ah
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:18
Last Modified: 20 Sep 2022 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item View Item