OIS HIFSOH NADHIROH, 12205173199 (2022) KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN VARIASI GAYA PEMBELAJARAN MI ASWAJA BESOLE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keterampilan Guru dalam Menerapkan Variasi Gaya Pembelajaran MI Aswaja Besole Tulungagung” ini ditulis oleh Ois Hifsoh Nadhiroh, NIM.12205173199, Dosen Pembimbing Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Variasi Gaya Mengajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa guru sekolah dasar yang masih melakukan tugas sebatas mentransfer ilmu tanpa tahu bagaimana mengemas pembelajaran menjadi menarik perhatian peserta didik, sehingga masih ditemui peserta didik yang kurang memiliki motivasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Sesuai hal tersebut, menjadikan alasan peneliti untuk mengetahui keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebagai solusi alternatif pemecahan masalah dalam menghadapi masalah pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, 1) Bagaimana keterampilan guru dalam menerapkan variasi pada pengelolaan kelas MI Aswaja Besole? 2) Bagaimana keterampilan guru dalam menggunakan variasi penggunaan media pembelajaran MI Aswaja Besole? 3) Bagaimana keterampilan guru dalam menggunakan variasi pola interaksi pembelajaran peserta didik MI Aswaja Besole? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan variasi pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran dan pola interaksi peserta didik di MI Aswaja Besole Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi data dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam menggunakan variasi gaya mengajar dalam pengelolaan kelas seperti variasi suara guru, kesenyapan, pemusatan perhatian, variasi gerak badan atau mimik dan mengadakan kontak pandang. Dengan penerapan variasi gaya mengajar tersebut, kegiatan belajar akan lebih terkesan bermakna dan mudah dimengerti oleh peserta didik, serta dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar bagi peserta didik. 2) Keterampilan guru dalam penggunaan variasi media pembelajaran dapat berupa buku-buku penunjang pembelajaran, media yang bisa dibawa dari rumah atau lingkungan sekitar, LCD Projector, atau media yang dibuat dari kreatifitas guru. Media yang digunakan mampu mendorong sikap aktif peserta didik dalam belajar. 3) Keterampilan guru dalam menggunakan variasi pola interaksi peserta didik seperti pola interaksi ceramah-tugas kelompok-diskusi kelas dan pola interaksi tanya jawab-ceramah-tugas individual, dengan gambaran pola guru-peserta didik-peserta didik, guru-peserta didik, guru-peserta didik-guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173199 OIS HIFSOH NADHIROH |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 03:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30653 |
Actions (login required)
View Item |