KEPEMIMPINAN ETNOPEDAGOGI DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA SIGNIFIKANSI (Studi Multisitus pada MTsN 8 dan MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta)

MUHAMAD FATIH RUSYDI S., 12501185048 (2021) KEPEMIMPINAN ETNOPEDAGOGI DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA SIGNIFIKANSI (Studi Multisitus pada MTsN 8 dan MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Syadzili, Muhamad Fatih Rusydi 2021, Kepemimpinan Etnopedagogi dalam Perspektif Semiotika Signifikansi (Studi Multisitus di MTsN 8 Sleman Yogyakarta dan MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta). Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor I: Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag., Promotor II: Dr. Ngainun Naim. M.HI. Kata Kunci: Kepemimpinan, Etnopedagogi, Semiotika Signifikasi, Kepemimpinan Etnopedagogi Keberadaan kepemimpinan etnopedagogi mengakomodasi konsep kearifan lokal dengan memberikan koleksi fakta, konsep, keyakinan, dan persepsi masyarakat terhadap lingkungan mereka. Hal ini memberikan suatu gambaran untuk pemimpin bahwa dalam kearifan lokal akan ditemukan suatu cara mengamati dan mengukur lingkungan, memecahkan masalah, dan memvalidasi informasi. Singkatnya, kearifan lokal adalah proses bagaimana pengetahuan dihasilkan, disimpan, diterapkan, dikelola, dan diwariskan. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis dan menemukan, 1). Pemimpin kesadaran dalam kepemimpinan etnopedagogi hamangku terhadap peserta didik dalam perspektif semiotika signifikansi di MTsN 8 dan MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta. 2). Pemimpin inklusif dalam kepemimpinan etnopedagogi hamengku terhadap peserta didik dalam perspektif semiotika signifikansi di MTsN 8 dan MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta. 3). Pemimpin pengetahuan dalam kepemimpinan etnopedagogi hamengkoni terhadap peserta didik dalam perspektif semiotika signifikansi di MTsN 8 dan MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas kasus. Uji keabsahan data melalui kridibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan 1). Pemimpin kesadaran (Consciousness) dijalankan oleh pemimpin dengan memelihara kesadaran pikiran, perasaan dan pengalaman untuk mencapai suatu tujuan berupa pembiasaan, pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran ekstrakurikuler, 2). Pemimpin inklusif (Inclusive) yakni pemimpin yang mampu merangkul, xi mendorong, dan memanfaatkan kreativitas anggota melalui perumusan visi, pembagian tugas, pemberian tanggung jawab, pembinaan kesiswaan, pengoordinasian dan pemberian hak. 3). Pemimpin pengetahuan (knowledge) dilaksanakan oleh pemimpin dengan melakukan dukungan pada anggotanya dalam proses pembelajaran seperti pembiasaan aktivitas, pelaksanaan kegiatan dan pelatihan. Temuan formal penelitian ini adalah melengkapi atau menambahkan teori kepemimpinan pedagogi Neil Macneill yang di dalamnya tidak mencantumkan secara eksplisit tentang autentik yang dimiliki oleh pemimpin. Teori kepemimpinan pedagogi yang dikembangkan oleh Neil Macneill memiliki kekurangan dalam satu poin dimensi kepemimpinan pedagogi yaitu autentik. sehingga dimensi kepemimpinan etnopedagogi menurut peneliti menjadi empat (CIKA) yaitu consciousness, inclusive, knowledge dan autentik.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr 12501185048 Muhamad Fatih Rusydi Syadzili
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:02
Last Modified: 04 Oct 2022 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item