PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015

RISALATUL MAHMUDAH, 3214113143 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER +++.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kinerja Guru dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Risalatul Mahmudah NIM 3214113143 dibimbing Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd, NIP. 19720608 200212 1 001. Kata Kunci: Kinerja Guru, Kedisiplinan, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kedisiplinan belajar siswa dan faktor dari luar yaitu berasal dari guru yang berkaitan dengan kinerja guru dalam mengajar mata pelajaran matematika. Kinerja guru yang tinggi diharapkan mampu memberikan pengaruh yang positif dan mampu memaksimalkan hasil belajar matematika serta dengan disiplin setiap pelajaran akan dilakukan secara efektif dan efisien. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum tentang kinerja guru, kedisiplinan belajar siswa, dan hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Apakah kinerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Apakah kedisiplinan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015? (4) Apakah kinerja guru dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mengetahui gambaran umum tentang kinerja guru, kedisiplinan belajar siswa, dan hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. (4) Untuk mengetahui pengaruh kinerja guru dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 162 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VIII A yang sebanyak 29 siswa, kelas VIII B sebanyak 29 siswa, kelas VIII C sebanyak 29 siswa, kelas VIII D sebanyak 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data (1) Angket, (2) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Kinerja guru yang ada berada pada kategori sedang pada interval skor 66-72 dengan frekuensi 43 siswa dan persentase 37,7%. Kedisiplinan belajar yang ada berada pada kategori sedang pada interval 70-75 dengan frekuensi 58 siswa dan persentase 50,9%. Hasil belajar matematika siswa yang ada berada pada kategori sedang pada interval 76-81 dengan frekuensi 47 siswa dan persentase 41,2%. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kinerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung semester genap tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F_empirik=8,18>F_(teoritik ) 5%=3,93. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung semester genap tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F_empirik=9,89>F_(teoritik ) 5%=3,93. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kinerja guru dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung semester genap tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F_empirik=7,92>F_(teoritik ) 5%=3,08.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113143 RISALATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:49
Last Modified: 21 Dec 2015 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item