AHMAD ABDUL AZIZ RIFA'I, 12201173208 (2022) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
“Strategi Guru Fikih dalam Menguatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Era Pandemi Covid-19 Di MA Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Abdul Aziz Rifa’i, NIM 12201173208, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ahmad Nurcholis, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Kondisi pendidikan agama Islam di Indonesia saat ini yang terkena imbas akibat mewabahnya pandemi covid-19, secara khusus hal tersebut berdampak pada pembelajaran fikih di MA Ma’arif Udanawu Blitar, dimana madrasah tersebut harus menggunakan model pembelajaran daring serta problematika dari sisi motivasi dan media pembelajaran. Berangkat dari hal tersebut maka peneliti memiliki asumsi bahwa di era pandemi covid-19 guru fikih harus menggunakan strategi khusus agar pemahaman peserta didik semakin meningkat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan strategi guru fikih dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik pada era pandemi covid-19 di MA Ma’arif Udanawu Blitar? 2). Bagaimana pelaksanaan strategi guru fikih dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik pada era pandemi covid-19 di MA Ma’arif Udanawu Blitar? 3). Bagaimana evaluasi strategi guru fikih dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik pada era pandemi covid-19 di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif fenomenologis, lokasi penelitiannya di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi partisipan, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat dan riview informan. Hasil penelitian menegaskan bahwa; (1) Perencanaan strategi guru fikih adalah dengan mempersiapkan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP). Mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, Prota, Promes, Materi pembelajaran fikih, dan Video pembelajaran fikih. Merumuskan penggunaan strategi pembelajaran e-learning pada proses pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi guru fikih adalah dengan melaksanakan e-learning dengan bahan ajar berupa materi dan video pembelajaran fikih, dan aplikasi whatsapp sebagai media pendukung. Peserta didik memiliki kondisi motivasi belajar yang baik meskipun tidak semaksimal ketika pembelajaran secara langsung. Kelebihan e-learning adalah menguatkan keberanian peserta didik dalam bertanya dan monitoring peserta didik yang mudah, sedangkan kekurangannya membutuhkan akses internet yang kuat dan hanya anak yang aktif yang mendapatkan wawasan. (3) Evaluasi strategi guru fikih di MA Ma’arif Udanawu Blitar adalah dengan menggunakan penilaian harian (PH) berupa tes CBT, KI 3 (tes tulis), KI 4 (merangkum, menyusun peta konsep, membuat tabel), membuat video praktek, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Covid-19 Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173208 AHMAD ABDUL AZIZ RIFA'I |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 02:08 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 02:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31545 |
Actions (login required)
View Item |