STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

AHMAD ABDUL AZIZ RIFA'I, 12201173208 (2022) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENGUATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

“Strategi Guru Fikih dalam Menguatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Era Pandemi Covid-19 Di MA Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Abdul Aziz Rifa’i, NIM 12201173208, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ahmad Nurcholis, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Kondisi pendidikan agama Islam di Indonesia saat ini yang terkena imbas akibat mewabahnya pandemi covid-19, secara khusus hal tersebut berdampak pada pembelajaran fikih di MA Ma’arif Udanawu Blitar, dimana madrasah tersebut harus menggunakan model pembelajaran daring serta problematika dari sisi motivasi dan media pembelajaran. Berangkat dari hal tersebut maka peneliti memiliki asumsi bahwa di era pandemi covid-19 guru fikih harus menggunakan strategi khusus agar pemahaman peserta didik semakin meningkat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan strategi guru fikih dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik pada era pandemi covid-19 di MA Ma’arif Udanawu Blitar? 2). Bagaimana pelaksanaan strategi guru fikih dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik pada era pandemi covid-19 di MA Ma’arif Udanawu Blitar? 3). Bagaimana evaluasi strategi guru fikih dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik pada era pandemi covid-19 di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif fenomenologis, lokasi penelitiannya di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi partisipan, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat dan riview informan. Hasil penelitian menegaskan bahwa; (1) Perencanaan strategi guru fikih adalah dengan mempersiapkan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP). Mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, Prota, Promes, Materi pembelajaran fikih, dan Video pembelajaran fikih. Merumuskan penggunaan strategi pembelajaran e-learning pada proses pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi guru fikih adalah dengan melaksanakan e-learning dengan bahan ajar berupa materi dan video pembelajaran fikih, dan aplikasi whatsapp sebagai media pendukung. Peserta didik memiliki kondisi motivasi belajar yang baik meskipun tidak semaksimal ketika pembelajaran secara langsung. Kelebihan e-learning adalah menguatkan keberanian peserta didik dalam bertanya dan monitoring peserta didik yang mudah, sedangkan kekurangannya membutuhkan akses internet yang kuat dan hanya anak yang aktif yang mendapatkan wawasan. (3) Evaluasi strategi guru fikih di MA Ma’arif Udanawu Blitar adalah dengan menggunakan penilaian harian (PH) berupa tes CBT, KI 3 (tes tulis), KI 4 (merangkum, menyusun peta konsep, membuat tabel), membuat video praktek, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Covid-19
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173208 AHMAD ABDUL AZIZ RIFA'I
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:08
Last Modified: 28 Nov 2022 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item