DEVIA RISMAWATI, 17402163620 (2022) ANALISIS STRATEGI UD. SARI MURNI JENANG LASIMUN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA JENANG TRADISIONALNYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di UD. Sari Murni Jenang Lasimun, Ds. Cluwok, Bono, Kec. Boyolangu, Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (578kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Ud. Sari Murni Jenang Lasimun Dalam Mengembangkan Usaha Jenang Tradisionalnya Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam” ditulis oleh Devia Rismawati, NIM. 17402163620. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tetap eksisnya UD. Sari Murni Jenang Lasimun / Sukini menjadi jenang kawah yang paling dicari ketika masyarakat sedang mengadakan hajatan. Jenang Pak Lasimun juga mampu mengembangkan usahanya dengan melakukan pemasaran hingga ke luar kota, menambah produknya menjadi jenang, madumongso, wajik, dan jadah, serta mengembangkan usaha dengan mendirikan catering dan tempat makan bernama Tegal Pule Pak Lasimun. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari strategi-strategi pengembangan usaha yang dijalankan, sehingga membuat UD. Sari Murni mampu bertahan dan berkembang ditengah ketatnya persaingan usaha. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi operasional yang dijalankan pada UD. Sari Murni Jenang Lasimun dalam mengembangkan usaha makanan tradisional apabila ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam? (2) Bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan pada UD. Sari Murni Jenang Lasimun dalam mengembangkan usaha makanan tradisional apabila ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam? (3) Bagaimana analisis strategi pengembangan usaha makanan tradisional pada UD. Sari Murni Jenang Lasimun apabila ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam?. Penelitian ini dilakukan di UD. Sari Murni Jenang Lasimun / Sukini Ds. Cluwok, Bono, Kec. Boyolangu, Tulungagung dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi operasional yang dilakukan UD. Sari Murni dengan menggunakan jenis-jenis strategi operasional seperti strategi produser biaya rendah dan strategi inovasi produk dan pengenalan produk, juga telah sesuai dengan etika bisnis Islam dengan menjaga kehalalan produk dan mengoperasikan usaha dengan membawa manfaat bagi orang lain. (2) Strategi Pemasaran yang dijalankan oleh UD. Sari Murni adalah dengan melakukan segmentasi pasar, penentuan pasar sasaran, dan penentuan posisi pasar. Strategi pemasaran tersebut telah sesuai dengan etika bisnis Islam dengan adanya prinsip kejujuran, ramah, berlaku cerdas dan adil (3) Strategi pengembangan yang dilakukan UD. Sari Murni adalah melakukan perluasan skala usaha dan perluasan cakupan usaha, dimana hal tersebut tidak terlepas dari sikap jujur, adil, dan senantiasa menjalin hubungan baik dengan karyawan maupun pelanggan. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Strategi Operasional, Strategi Pemasaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163620 DEVIA RISMAWATI |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 08:12 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 08:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31564 |
Actions (login required)
View Item |