STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA HOME INDUSTRI BAKPIA MAHARANI DI DESA GEMBLEB KABUPATEN TRENGGALEK DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

DELA TRIANA OKTAVIA, 12405183405 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA HOME INDUSTRI BAKPIA MAHARANI DI DESA GEMBLEB KABUPATEN TRENGGALEK DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul, “Strategi Pengembangan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Home Industri Bakpia Maharani Di Desa Gembleb Kabupaten Trenggalek Ditinjau Dari Pespektif Manajemen Bisnis Syariah,” ditulis oleh DelaTrianaOktavia, NIM.12405183405, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kegiatan strategi pengembangan merupakan suatu interaksi yang berusaha untuk menciptakan atau mencapai sasaran pengembangan seperti yang diharapkan yaitu untuk mencapai keberhasilan dan apapun yang sudah direncanakan berhasil atau tidaknya tergantung pada ketentuan Allah. Fokus penelitian yang dikaji, yaitu: 1) Bagaimana Strategi Pengembangan pada Home Industri Bakpia Maharani di Desa Gembleb Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan Kepuasan Konsumen? 2) Bagaimana Strategi Pengembangan pada Home Industri Bakpia Maharani di Desa Gembleb Kabupaten Trenggalek dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah? 3) Apa saja kendala yang dialami pemilik usahaHome Industri Bakpia Maharani di Desa Gembleb Kabupaten Trenggalek dalam kegiatan usaha? Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Artinya, pengambilan data dilakukan langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian yaitu strategi pengembangan yang dilakukan oleh Bakpia Maharani adalah melakukan inovasi berbagai aneka macamkue atau varian, mempromosikan produknya melalui sosial media dan marketplace. Dari perspektif Manajemen Bisnis Syariah, strategi yang diterapkan oleh Bakpia Maharani adalah dengan memperhatikan bahan baku dari Bakpia Maharani itu sendiri, bekerja sama dengan pedagang lain atau petani buah yang mana hal tersebut dapat mencapai kemanfaatan bersama. Sementara dari segi harga, penentuan harga lebih mengutamakan kepuasan konsumen, tidak mengambil untung yang banyak. Tetap memperhatikan pengeluaran selama proses produksi dan pengemasan. Sementara kendalanya, produk kadang ada yang gagal, harga masih ditawar dan Bakpia Maharani hanya ada di desa Gembleb, tentu untuk yang jauh lokasi harus menyediakan biaya ongkos kirim apabila memesan online. Cara mengatasinya, dengan memperbaiki produk dan harga. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Kepuasan Konsumen, Manajemen Bisnis Syariah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183405 DELA TRIANA OKTAVIA
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:48
Last Modified: 08 Dec 2022 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31663

Actions (login required)

View Item View Item