MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di SMK Queen Al Falah Kediri dan MA Sunan Kalijogo Kediri)

MUHAMMAD ADIBIL MAHBUB, 12501174024 (2022) MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di SMK Queen Al Falah Kediri dan MA Sunan Kalijogo Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Pelayanan Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik di SMK Queen Al Falah Kediri dan MA Sunan Kalijogo Kediri” ini di tulis oleh M. Adibil Mahbub dengan Pembimbing Dr.Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata kunci : Manajemen, pelayanan pendidikan, Prestasi Belajar. Latar belakang tesis ini didasarkan pada upaya sekolah untuk memberikanpelayanan pendidikan yang berkualitas dalam meningkatkan Prestasi Belajamemerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari tiap individu yang ada di sekolah. Kualitas pelayanan pendidikan perlu diperhatikan bukan karena berpengaruh terhadap hasil pendidikan saja, melainkan juga penting dilihat dari aspekpersaingan antar lembaga penyelenggara pendidikan untuk mendapatkan siswabaru. Manajemen pelayanan pendidikan adalah satu kunci keberhasilan sekolahdalam meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga masyarakat puas denganpelayanan lembaga sekolah tersebut. Fokus pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1)Bagaimana perencanaan pelayanan pendidikan dalam meningkatkan PrestasBelajar di SMK Queen Al Falah Kediri MA Sunan Kalijogo Kediri?; (2) Bagaimana pengimplementasian pelayanan pendidikan dalam meningkatkanPrestasi Belajar di SMK Queen Al Falah Kediri MA Sunan Kalijogo Kediri?; (3)Bagaimana evaluasi pelayanan pendidikan dalam meningkatkan Prestasi Belajar dSMK Queen Al Falah Kediri MA Sunan Kalijogo Kediri?. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif yang menghasilkan datadeskriptif naratif berupa kata-kata tertulis dan menggunakan rancangan studi multkasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observaspartisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data pada penelitianini menggunakan analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasussedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan kehadiranatau keikutsertaan peneliti di tempat penelitian, ketekunan atau keajekanpengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, manajemen pelayanan pendidikan yang ada di Kediri SMK Queen Al Falah Kediri dan MA Sunan Kalijogo kediri : (1) Perencanaan pelayanan pendidikan dalam meningkatkan Prestasi Belajar diwujudkan dengan musyawarah antara kepala sekolah dengan semua waka yaitu waka kurikulum,kesiswaan, sarpras, humas untuk membuat program jangka pendek dan jangka panjang, program-program yang sudah disusun tersebut disosialisasikan ke semua warga sekolah yaitu guru, tenaga pendidik dan siswa, kurikulum yang digunakan kurikulum K13 dan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa, sekolah membuat 2 program kelas berdasarkan kebutuhan masyarakat, untuk melayani non akademik sekolah, mengadakan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan prestasi peserta didik, (2) Pengimplementasian pelayanan pendidikan dalam meningkatkan Prestasi Belajar peserta didik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selaku pelanggan eksternal dalam bidang akademis diprogramkan 2 macam jenis kelas yang tujuannya untuk meningkatkan prestasi siswa, untuk penunjang pelayanan pendidikan akademis maupun non akademis disediakan sarana dan prasarana yang memadai di sekolah, (3) Evaluasi pelayanan pendidikan dalam meningkatkan Prestasi Belajar yaitu setiap ada permasalahan pelayanan pendidikan baik akademis maupun non akademis diselesaikan ditingkat waka dulu, Setiap permasalahan yang akan diselesaikan sesuai dengan jalur masing-masing sesuai tupoksinya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 12501174024 MUHAMMAD ADIBIL MAHBUB
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:05
Last Modified: 29 Dec 2022 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31788

Actions (login required)

View Item View Item