PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI TRIGONOMETRI PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 BANDUNG

LAILY AMELIA HIDAYAH, 12204183197 (2022) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI TRIGONOMETRI PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan negatif orang khususnya kalangan peserta didik mengenai pelajaran matematika. Banyaknya konsep yang sifatnya abstrak, penuh angka dan penuh rumus membuat sebagian besar peserta didik menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sehingga ketika dihadapkan dengan pelajaran matematika atau persoalan matematika, maka peserta didik akan merasa cemas, takut, gelisah, sulit berkonsentrasi serta perilaku menghindar dsb. Perasaan cemas, takut, gelisah, sulit berkonsentrsi serta perilaku menghindar dsb. mengindikasikan bahwa peserta didik mengalami kecemasan matematika. Matematika menuntut peserta didik untuk memahami, menghafal, mengingat, pembentukan konsep serta pemecahan masalah sehingga dibutuhkan hard skill, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Jika kecemasan sudah mendominasi pikiran peserta didik, maka peserta didik kemungkinan akan kesulitan berkonsentrasi dan berpikir khususnya kemampuan berpikir kritis.Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hubungan antara kecemasan matematika dengan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X SMKN 1 Bandung.(2) Untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X SMKN 1 Bandung. (3) Untuk mengetahui besar pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X SMKN 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan simple random sampling. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X TBSM dan X AKL SMKN 1 Bandung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas X TBSM 3 dan X AKL 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan uji analisis korelasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada hubungan yang kuat antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X TBSM SMKN 1 Bandung dan ada hubungan yang sedang antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X AKL SMKN 1 Bandung (2) Ada pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X TBSM SMKN 1 Bandung dan ada pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X AKL SMKN 1 Bandung. (3) Besar pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi trigonometri peserta didik kelas X TBSM SMKN 1 Bandung yaitu sebesar 51,2%, sedangkan 48,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya dan kelas X AKL SMKN 1 Bandung yaitu sebesar 33,5%, sedangkan 66,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika > Geometri
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183197 Laily Amelia Hidayah
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:03
Last Modified: 30 Dec 2022 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32000

Actions (login required)

View Item View Item