ZUHRIA MIFTAHUL AZIZAH, 12405173168 (2023) STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN WHATSAPP BISNIS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA LATHIFA SHOP. [ Skripsi ]
|
Text
Cover_merged.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Menggunakan Whatsapp Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Lathifa Shop” ini ditulis oleh Zuhria Miftahul Azizah, NIM. 12405173168 dengan Pembimbing Siswahyudianto, M. M. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu kebutuhan para pemilik toko online akan pengetahuan mengenai strategi pemasaran menggunakan Whatsapp Bisnis. Salah satu toko online yang memanfaatkan Whatsapp Bisnis sebagai media pemasaran adalah Lathifa Shop. Meskipun Lathifa Shop berdiri sejak lebih dari 6 tahun yang lalu, namun Lathifa Shop dapat berpenghasilan mencapai jutaan rupiah per bulan. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi pemasaran menggunakan Whatsapp Bisnis pada Lathifa Shop, 2) Apa kelebihan dan kekurangan Whatsapp Bisnis sebagai media pemasaran Lathifa Shop, dan 3) Bagaimana strategi pemasaran Lathifa Shop dalam usaha peningkatan volume penjualan menggunakan Whatsapp Bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran menggunakan Whatsapp Bisnis pada Lathifa Shop, 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Whatsapp Bisnis sebagai media pemasaran Lathifa Shop, dan 3) Untuk mengetahui strategi pemasaran Lathifa Shop dalam usaha peningkatan volume penjualan menggunakan Whatsapp Bisnis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif-studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, pengecekan keabsahan data menggunakan teknik credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Lathifa Shop menggunakan strategi marketing mix 7P untuk pemasaran menggunakan Whatsapp Bisnis, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti nyata (physical evidence). Strategi pemasaran tersebut terbukti membuat Lathifa Shop mampu bersaing dengan pesaing-pesaingnya sejak 6 tahun yang lalu hingga sekarang. 2) Kelebihan Whatsapp Bisnis sebagai media pemasaran yaitu memiliki banyak fitur untuk pemasaran dan aplikasi ini dimiliki lebih dari 80% penduduk Indonesia. Sedangkan kekurangannya adalah terbatasnya jangkauan pemirsa dan durasi status Whatsapp. Lathifa Shop mengatasinya dengan terus menambah jangkauan pemirsa status Whatsappnya. 3) Strategi peningkatan volume penjualan menggunakan Whatsapp Bisnis yakni menyebarkan nomor Whatsapp Bisnisnya ke seminar-seminar dan media sosial lain. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Whatsapp Bisnis
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Entrepreneur Media Sosial Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405173168 Zuhria Miftahul Azizah |
Date Deposited: | 26 May 2023 03:12 |
Last Modified: | 26 May 2023 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32472 |
Actions (login required)
View Item |