Mukhid, 2842134015 (2016) PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG JASA LAYANAN UMRAH DAN HAJI PLUS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Multisitus PT. Armina Reka Perdana dan PT. Reward Indonesia Madani Jakarta). [ Thesis ]
|
Text
ABSTRAK ind.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ind.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (514kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (193kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (721kB) |
||
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (142kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (355kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (217kB) |
||
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Dokumen Penelitian PT.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Belakang.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Judul Tesis.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (84kB) |
||
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (144kB) |
||
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
PRAKATA.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
sampul dalam.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Transltit.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
Summari.pdf Download (491kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Penjualan Langsung Berjenjang Jasa Layanan Umrah dan Haji Plus dalam Perspektif Hukum Islam (Studi multisitus PT. Arminareka Perdana dan PT. Reward Indonesia Madani Jakarta)” ini ditulis oleh Mukhid dibimbing oleh Dr. H. M. Saifudin Zuhri, M.Ag dan Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci: Penjualan langsung berjenjang, Umrah dan Haji Plus, PT. Arminareka Perdana dan Reward Indonesia Madani, Perspektif Hukum Islam. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa di era globalisasi saat ini, sistem pemasaran menjadi faktor penting dalam suatu perusahaan untuk dapat bersaing dan bertahan. Berbagai macam sistem pemasaran diterapkan oleh PT. Arminareka Perdana dan PT. Reward Indonesia Madani untuk memasarkan jasa layanan perjalanan umrah dan haji plus salah satunya menggunakan sistem penjualan berjenjang yang menurut sebagian kalangan masih diragukan kehalalannya. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana sistem pemasaran umrah dan haji plus PT. Arminareka Perdana; (2) Bagaimana sistem pemasaran umrah dan haji plus PT. Reward Indonesia Madani; (3) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap sistem pemasaran umrah dan haji plus PT. Arminareka Perdana dan PT. Reward Indonesia Madani. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, pengalaman sebagai upaya peningkatan pemahaman terhadap ekonomi syariah, yakni dengan memahami sistem pemasaran umrah dan haji plus yang sesuai syariat. Penjualan langsung berjenjang jasa layanan umrah dan haji plus dalam perspektif hukum Islam menjelaskan bahwa suatu sistem yang menerangkan permasalahan pemasaran umrah dan haji plus guna menciptakan sistem pemasaran yang syar’i, khususnya yang ditinjau dalam perspektif hukum Islam. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Mekanisme penjualan yang dijalankan oleh PT. Arminareka Perdana termasuk dalam katagori sistem penjualan langsung berjenjang (PLB), meskipun pengelola PT. Arminareka Perdana menyatakan bahwa pemasaran yang dilakukan bukan termasuk penjualan langsung berjenjang. Mereka juga mengungkapkan ketika mengurus perijinan penjualan dengan sistem berjenjang atau MLM pada Kementerian Perdagangan ternyata ditolak karena tidak memenuhi syarat, (2) PT. Reward Indonesia Madani menerapkan konsep pemasaran berjenjang yang mengedepankan sistem saling menguntungkan, kerjasama dan transparan. Sistem pemasaran PT. Reward Indonesia Madani ini hampir sama dengan sistem pemasaran yang dipraktekkan PT. Arminareka Perdana. Perbedaannya, PT. Arminareka Perdana memiliki biro perjalanan umrah dan haji plus untuk memberangkatkan jama’ah yang sudah membayar lunas, sedangkan PT. Reward Indonesia Madani tidak memiliki biro perjalanan umrah dan haji untuk memberangkatkan member yang telah membayar lunas. Member PT. Reward Indonesia Madani yang telah melunasi biaya perjalanan umrah atau haji akan diberangkatkan dengan biro perjalanan umrah dan haji lain, (3) Sistem pemasaran umrah dan haji plus PT. Arminareka Perdana dan PT. Reward Indonesia madani belum sepenuhnya memenuhi ketentuan fatwa DSN-MUI tentang penjualan langsung berjenjang syariah jasa layanan umrah, masih ada beberapa ketentuan fatwa yang belum terpenuhi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Ekonomi Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr 2842134015 Mukhid |
Date Deposited: | 02 May 2016 01:50 |
Last Modified: | 02 May 2016 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3275 |
Actions (login required)
View Item |