KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

MIVTA LAILATUL KHASANAH, 12204173040 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER..pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Mivta Lailatul Khasanah, NIM. 12204173040, Jurusan Tadris Matematika, Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Persamaan Linier Satu Variabel Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan dalam megkomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Namun sebagian siswa belum mampu untuk menyampaikan ide-ide matematika dalam diskusi maupun dalam meyelesaikan tugas dari guru dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis adalah self efficacy atau keyakinan diri siswa akan kemampuan yang mereka miliki. Dengan adanya self efficacy yang dimiliki siswa maka siswa akan merasa lebih percaya diri untuk mengungkapkan atau mengkomunikasikan ide-ide matematika yang mereka pikirkan dan ide dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self efficacy tinggi pada materi Persamaan linier satu variabel. (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy sedang pada materi Persamaan linier satu variabel. (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self efficacy rendah pada materi Persamaan linier satu variabel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VII C MTsN 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunaka angket self efficacy, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarika kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self efficacy tinggi sudah baik dan mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu, mampu memberikan jawaban dengan menggunakan bahasanya sendiri, membuat model situasi atau persoalan dengan menggunkan lisan, tulisan atau aljabar, merefleksikan benda-benda nyata, gambar dan diagram kedalam id-ide matematika, dan Mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas dengan tepat. (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self efficacy sedang sudah cukup baik dan mampu memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis diantaranya mampu memberikan jawaban dengan menggunakan bahasanya sendiri, membuat model situasi atau persoalan dengan menggunkan lisan, tulisan atau aljabar dan mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, siswa dengan self efficacy sedang masih mengalami kesalahan dan kurang tepat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. (3) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self efficacy rendah kurang baik dan hanya mampu memenuhi 1 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu merefleksikan benda-benda nyata, gambar dan diagram kedalam id-ide matematika, siswa dengan self efficacy rendah tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173040 Mivta Lailatul Khasanah
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:37
Last Modified: 24 Feb 2023 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item