PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

MELINDA RINDI ERNAWATI, 12204183110 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada Materi Arit mat ika Sosial” ditulis oleh Melinda Rindi Ernawati, NIM. 12204183110, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru dan peserta didik menjadi pasif. Dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan model pembelajaran yang tepat dan berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih aktif. Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match cocok diterapkan dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi aritmatika sosial yang dapat mengajak peserta didik untuk aktif berinteraksi dengan peserta didik lainnya. Sehingga dapat melatih berpikir peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada materi aritmatika sosial. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada materi aritmatika sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Exsperimental.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang terdiri dari 69 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 peserta didik dan kelas kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni independent sample T-test dan uji Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada materi aritmatika sosial dengan nilai signifikasi 0,004 < 0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari pada materi aritmatika sosial adalah 0,926 interpretasi = 82 % termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183110 Melinda Rindi Ernawati
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:26
Last Modified: 14 Feb 2023 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32798

Actions (login required)

View Item View Item