ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR

NUR SUCI FAUZIAH, 12204183166 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalidawir” ditulis oleh Nur Suci Fauziah, 12204183166, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Berpikir Kritis, Soal HOTS, Persamaan Garis Lurus Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran dikelas yang terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa cenderung pasif, karena siswa hanya menyimak dan menerima penjelasan dari guru. Hal tersebut mengakibatkan dalam menyelesaikan soal, salah satunya adalah soal HOTS, siswa cenderung untuk menghafal rumus dan melakukan perhitungan sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh guru, akibatnya kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang. Proses berpikir kritis juga dipengaruhi oleh kemampuan siswa, sehingga dalam penelitian ini berdasarkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal salah satunya soal HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi persamaan garis lurus kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 23 siswa, tetapi yang menjadi subjek dalam peneitian ini sebanyak 3 siswa. Pengambilan subjek berdasarkan dari hasil belajar siswa serta kesepakatan dengan guru matematika. Metode pengambilan data yang digunakan meliputi metode tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dikatakan kritis, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa mampu memenuhi keenam kriteria berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat sedang dikatakan cukup kritis, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa hanya mampu memenuhi tiga kriteria berpikir kritis yaitu focus, reason, dan inference. Dan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat rendah dikatakan kurang kritis, hal ini berdasarkan hasil tes dan wawancara bahwa siswa hanya mampu memenuhi satu kriteria berpikir kritis yaitu focus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183166 NUR SUCI FAUZIAH
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:47
Last Modified: 17 Feb 2023 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32894

Actions (login required)

View Item View Item