PROXY WAR PADA SENTIMEN TAGAR #FREEPALESTINE SEBAGAI KAMPANYE KHILAFAH DALAM ISU PALESTINA DI MEDIA SOSIAL TWITTER

DIKY MOHAMAD FAUZI, 128511203002 (2022) PROXY WAR PADA SENTIMEN TAGAR #FREEPALESTINE SEBAGAI KAMPANYE KHILAFAH DALAM ISU PALESTINA DI MEDIA SOSIAL TWITTER. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Proxy War pada Sentimen Tagar #Freepalestine sebagai Kampanye Khilafah dalam Isu Palestina di Media Sosial Twitter” ini ditulis oleh Diky Mohamad Fauzi dan dibimbing oleh Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag. dan Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Kata Kunci: Proxy War, Social Network Analysis, Internet, Hoax, Sosial Media Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi khususnya media sosial dengan interaksi di dalamnya yang membuat penulis gelisahan akan hal itu. Unggahan media sosial yang sifatnya sentral di bawah kendali pengguna, baik secara konten maupun substansi, menjadikan pengguna sebagai raja di media sosial pribadi mereka. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap tanggapan warga internet (warganet) tentang sentimen tagar #freepalestine apakah benar digunakan sebagai kampanye khilafah dalam isu Palestina di media sosial Twitter. Selain itu penelitian ini juga untuk melihat koneksi antar pengguna dalam unggahan saling berkaitan satu sama lain di medsos Twitter dan apakah ada hubungannya dengan perang proxy dalam kasus ini. Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu bagaimana identifikasi sentimen #freepalestine dalam isu palestina di media sosial Twitter?, bagaimana tagar #freepalestine digunakan sebagai kampanye khilafah dalam isu palestina di media sosial Twitter? dan Bagaimana Proxy War Terjadi dalam #freepalestine? Dengan tujuan untuk merumuskan sentiment yang ada dalam tagar #freepalestine dalam isu palestina di media sosial Twitter, membangun tagar #freepalestine sebagai kampanye khilafah dalam isu palestina di media sosial Twitter dan mengkonstruk Proxy War yang terjadi dalam #freepalestine. Penelitian ini menggunakan metode Netnografi sebagai sebuah pendekatan Etnografi. Metode etnografi adalah desain penelitian kualitatif. Peneliti menjadikan media sosial Twitter sebagai lokasi penelitian dengan memanfaatkan big data Dalam proses pengumpulan data penelitian menggunakan netlytic.org dan perangkat lunak MAXQDA sebagai data grabbing. Analisis dalam penelitian ini meliputi analisis sentimen (sentiment analysis), analisis jaringan sosial (social network analysis) dan analisis kata (words cloud analysis) Penelitian ini menemukan sentiment negative 14,4%, slightly negative 12,9%, neutral 12,7%, slightly positif 47,7% dan positive 12,2%. Untuk cluster tertinggi dalam analisis jaringan sosial, berita yang disebarkan dan dikonsumsi oleh warga twitter ternyata hoax. Selain itu Dalam keseluruhan trend hanya ada 0,4% mengenai isu khilafah dari keseluruhan topik. Aktor yang menjadi topik perbincangan dengan mengambil moment di isu ini yaitu Puan Maharani dengan indikasi adanya bantuan buzzer. Dari segi media Republika menjadi media yang mendominasi untuk menyebarkan isu Palestina. Konflik yang banyak diulas oleh warga Twitter yaitu isu Rusia-Ukraina dibandingkan dengan Isu Palestina. Propaganda banyak digunakan digunakan untuk menarik simpati warga Twitter. selain itu juga terdapat beberapa konten yang memandang khalifah sebagai gaya hidup religius dan nasionalisme yang ideal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Media Sosial
Politik Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: 128511203002 Diky Mohamad Fauzi
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:08
Last Modified: 21 Mar 2023 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33346

Actions (login required)

View Item View Item