IMPLEMENTASI PENGARUH KENAIKAN HARGA PEREKONOMIAN PASAR TERHADAP PELAKU BISNIS DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pada UD. Wanza di Kabupaten Tulungagung)

REZA PUTRA NUGRAHA, 12101193021 (2023) IMPLEMENTASI PENGARUH KENAIKAN HARGA PEREKONOMIAN PASAR TERHADAP PELAKU BISNIS DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pada UD. Wanza di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Reza Putra Nugraha, 12101193021, “Implementasi Pengaruh Kenaikan Harga Perekonomian Pasar Terhadap Pelaku Bisnis Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Pada UD. Wanza di Kabupaten Tulungagung)”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Ahmadi Abdul Shomad Faiz N, M.H. Kata kunci: Hukum Islam, Telur Ayam, Kenaikan Harga, Etika Bisnis Islam, Pelaku Bisnis Kenaikan harga merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis terutama bagi para pelaku bisnis yang berfokus dalam komoditas bahan pangan. Langkah konsumen dalam menyikapi kenaikan harga pasar ini secara tidak langsung berdampak pada keberlangsungan bisnis dari para pelaku bisnis. Berbagai cara dan strategi dilakukan oleh pelaku bisnis agar dapat terus melanjutkan bisnisnya tanpa adanya kerugian yang berarti. Permasalahan kenaikan harga ini menjadi salah satu peristiwa yang menarik untuk diteliti dan dikaji lebih dalam dari sudut pandang Hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana praktik bisnis yang dijalankan oleh UD. Wanza? 2).Bagaimana pengaruh kenaikan harga perekonomian pasar yang dialami oleh UD. Wanza? 3). Bagaimana tinjauan menurut perspektif hukum Islam terkait dengan permasalahan yang dialami UD. Wanza akibat dampak dari kenaikan harga perekonomian pasar?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini menggunakan sumber data yang berasal dari observasi, wawancara mendalam dengan beberapa informan, serta dokumentasi atas data yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Metode analisis yang digunakan melalui beberapa langkah yang meliputi: reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan akhir. Selain itu metode pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu melalui uji kredibilitas dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Praktik bisnis yang dijalankan oleh UD. Wanza yaitu bisnis distribusi telur ayam yang dimulai sejak tahun 2016. Fokus pemasaran dari UD. Wanza yaitu untuk penjualan grosir dengan fokus pengiriman ke Kalimantan. 2). Diketahui bahwa permasalahan yang dialami oleh UD. Wanza akibat kenaikan harga yaitu mengakibatkan tertundanya distribusi telur ayam mereka dikarenakan keinginan konsumen untuk menunda pembelian sementara waktu hingga harga telur ayam dirasa sudah stabil. 3). Menurut analisis dari perspektif Hukum Islam bahwa penundaan pendistribusian telur ayam yang dialami bukan karena unsur kesengajaan dari UD. Wanza sehingga tidak mengandung unsur penimbunan serta transaksi yang dilarang dalam Hukum Islam. Hal ini murni salah satu bentuk khiyar dalam jual beli yang dilakukan oleh konsumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Etika Bisnis
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Reza Putra 12101193021 Nugraha
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:54
Last Modified: 31 Mar 2023 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33409

Actions (login required)

View Item View Item