INOVASI PESANTREN MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH (Studi Multi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 2 Kediri)

MAMBAUL JAZILAH, 12501185014 (2022) INOVASI PESANTREN MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH (Studi Multi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 2 Kediri). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mambaul Jazilah, NIM 12501185014; “Inovasi Pesantren Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Studi Multikasus di MTsN 2 Kabupaten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)” Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor I; Prof Dr. H. Ahmad Patoni, M.Ag. Promotor II; Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.PdI. Kata Kunci: inovasi, pesantren madrasah, daya saing. Disertasi ini dilatar belakangi keberadaan madrasah negeri yang mendirikan pesantren di madrasah sebagai bagian dari inovasi madrasah dalam meningkatkan daya saing sebagai penyikapan kebijakan Kemenag tentang madrasah berasrama dan pendidikan asrama. Fenomena lahirnya pesantren madrasah ini menjadi menarik sebagai fenomena baru dalam dunia pendidikan Islam yang selama ini diwarnai gairah pesantren yang melahirkan madrasah formal dan bukan sebaliknya, madrasah formal melahirkan pesantren. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan jawaban dari tiga pertanyaan mendasar; 1) Bagaimana program inovasi pesantren madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri ?; 2) Bagaimana implementasi inovasi pesantren madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri ?; 3) Bagaimana evaluasi inovasi pesantren madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif multikasus di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, lokasi dan dokumen baik primer maupun sekunder. Tehnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan tehnik analisis data interaktif Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian; 1) Program inovasi adalah perumusan kebijakan pendirian pesantren madrasah, penetapan tujuan dan perumusan program realisasi pesantren madrasah; 2) Implementasi inovasi pesantren madrasah adalah pendirian dan pengelolaan pesantren madrasah sesuai sistem yang diadopsinya; 3) Evaluasi inovasi pesantren madrasah dilakukan pengelola madrasah, pengelola pesantren dan wali santri untuk mendapatkan informasi terkait penyelenggaraan, hasil dan harapan pengelola dan pengguna pesantren madrasah. Hasil penelitian menguatkan konsep Rogers dan Milles bahwa inovasi pesantren madrasah ditempuh melalui planning, adoption, implementation dan evaluation. Menguatkan temuan Kenedy, bahwa inovasi yang ideal di lembaga pendidikan pesantren madrasah menerapkan strategi gabungan dari strategi Power Coercive, Rational Empirical, Normative-Re-Educative. Hasil penelitian juga menawarkan pemahaman baru bahwa unsur kiai sebagai pimpinan tertinggi, pengasuh dan pengajar pesantren dapat digantikan oleh kepala madrasah dan jajaran guru pesantren.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185014 MAMBAUL JAZILAH
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:33
Last Modified: 28 Mar 2023 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33482

Actions (login required)

View Item View Item