MAMBAUL JAZILAH, 12501185014 (2022) INOVASI PESANTREN MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH (Studi Multi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 2 Kediri). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (852kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mambaul Jazilah, NIM 12501185014; “Inovasi Pesantren Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Studi Multikasus di MTsN 2 Kabupaten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)” Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor I; Prof Dr. H. Ahmad Patoni, M.Ag. Promotor II; Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.PdI. Kata Kunci: inovasi, pesantren madrasah, daya saing. Disertasi ini dilatar belakangi keberadaan madrasah negeri yang mendirikan pesantren di madrasah sebagai bagian dari inovasi madrasah dalam meningkatkan daya saing sebagai penyikapan kebijakan Kemenag tentang madrasah berasrama dan pendidikan asrama. Fenomena lahirnya pesantren madrasah ini menjadi menarik sebagai fenomena baru dalam dunia pendidikan Islam yang selama ini diwarnai gairah pesantren yang melahirkan madrasah formal dan bukan sebaliknya, madrasah formal melahirkan pesantren. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan jawaban dari tiga pertanyaan mendasar; 1) Bagaimana program inovasi pesantren madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri ?; 2) Bagaimana implementasi inovasi pesantren madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri ?; 3) Bagaimana evaluasi inovasi pesantren madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif multikasus di MTsN 2 Kabupten Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, lokasi dan dokumen baik primer maupun sekunder. Tehnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan tehnik analisis data interaktif Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian; 1) Program inovasi adalah perumusan kebijakan pendirian pesantren madrasah, penetapan tujuan dan perumusan program realisasi pesantren madrasah; 2) Implementasi inovasi pesantren madrasah adalah pendirian dan pengelolaan pesantren madrasah sesuai sistem yang diadopsinya; 3) Evaluasi inovasi pesantren madrasah dilakukan pengelola madrasah, pengelola pesantren dan wali santri untuk mendapatkan informasi terkait penyelenggaraan, hasil dan harapan pengelola dan pengguna pesantren madrasah. Hasil penelitian menguatkan konsep Rogers dan Milles bahwa inovasi pesantren madrasah ditempuh melalui planning, adoption, implementation dan evaluation. Menguatkan temuan Kenedy, bahwa inovasi yang ideal di lembaga pendidikan pesantren madrasah menerapkan strategi gabungan dari strategi Power Coercive, Rational Empirical, Normative-Re-Educative. Hasil penelitian juga menawarkan pemahaman baru bahwa unsur kiai sebagai pimpinan tertinggi, pengasuh dan pengajar pesantren dapat digantikan oleh kepala madrasah dan jajaran guru pesantren.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501185014 MAMBAUL JAZILAH |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 07:33 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33482 |
Actions (login required)
View Item |