PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU TAHUN AJARAN 2015/2016

CHOIRUL MUFIDAH, 2814123052 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
Lampiran depan skripsi.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FIX.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIX.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
BAB VI FIX.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran belakang skripsi.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Choirul Mufidah, NIM. 2814123052. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Pemahaman Konsep Siswa dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Matematika IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Model Example Non Example, pemahaman konsep, hasil belajar, materi bangun datar. Fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan kreatif, sehingga menjadikan pemahaman konsep siswa rendah yang mengakibatkan hasil belajar siwa juga rendah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pengaruh model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran matematika dengan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat kelas VII di MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016. Dengan model pembelajaran Example Non Example diharapkan pemahaman konsep siswa dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep siswa dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat kelas VII di MTsN Ngantru. Sedangkan metode obsevasi dan metode dokumentasi digunakan untuk menggambarkan tentang sejarah, letak geografis, dan keadaan guru dan siswa di MTsN Ngantru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa, pada pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test, data hasil post-test untuk nilai pemahaman konsep diperoleh nilai thitung 4,041 > ttabel (1,980) yang menunjukkan Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen (83,60) dan nilai rata-rata kelas kontrol (70,75) yang menunjukkan. Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa materi bangun datar segi empat kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123052 CHOIRUL MUFIDAH
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:18
Last Modified: 26 Jul 2016 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item