STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DISIPLIN SISWA MTS DARUSALLAM KADEMANGAN BLITAR

SAIFUL ISLAM JEHLAE, 12201173417 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DISIPLIN SISWA MTS DARUSALLAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Budaya Disiplin Siswa MTs Darusallam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Saiful Islam Jehlae, NIM, 1 2201173417, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Abdul Aziz. M.Pd.I Kata Kunci: Strategi guru PAI, Mengembangkan budaya disiplin. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa strategi guru PAI guna dalam mengembangkan budaya disiplin siswa, agar siswa aktif dalam mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan mayarakat, bangsa dan negara. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusallam Kademangan Blitar? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusallam Kademangan Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pada strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusallam Kademangan Blitar? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusalam Kademangan Blitar? (2) Untuk mendeskripsikan peran strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusalam Kademangan Blitar? (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pada strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusalam Kademangan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang diambil oleh Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru PAI. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknikanalisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) bentuk-bentuk budaya disiplin siswa di MTs Darusallam Kademangan Blitar yaitu disiplin waktu, disiplin sikap dan disiplin menegakkan aturan (2) Peran guru dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusallam Kademangan Blitar adalah memberi keteladanan dalam bersikap, melakukan pelatihan dan pembiasaan untuk siswa melalui ekstrakurikuler yang ada pelanggaran untuk siswa yang melanggar aturan tata tertib sekolah dan memberi hadiah untuk siswa yang selalu aktif dan tidak melanggar peraturan sekolah (3) Faktor hambatan dalam mengembangkan budaya disiplin siswa MTs Darusallam Kademangan Blitar adanya beberapa siswa yang bermalas-malasan dalam melaksanakan tugas dan kurang kesadaran ataupun tidak berubah perilaku yang tidak baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173417 SAIFUL ISLAM JEHLAE
Date Deposited: 08 May 2023 07:21
Last Modified: 08 May 2023 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35136

Actions (login required)

View Item View Item