PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN INVESTASI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT GENERASI MILLENIAL DALAM BERINVESTASI DI APLIKASI TRADING ONLINE (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2020 Pengguna Aplikasi Stockbit, Ajaib dan Ipot)

PENDIK SUSANTO, 12406193247 (2023) PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN INVESTASI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT GENERASI MILLENIAL DALAM BERINVESTASI DI APLIKASI TRADING ONLINE (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2020 Pengguna Aplikasi Stockbit, Ajaib dan Ipot). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK xiv Skripsi dengan judul "Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Investasi dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Generasi Millenial Dalam Berinvestasi Di Aplikasi Trading Online (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2020 Pengguna Aplikasi Stockbit, Ajaib dan Ipot)" yang ditulis oleh Pendik Susanto, program studi manajemen keuangan syariah, NIM. 12406193247, Pembimbing Citra Mulya Sari,M.E. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung program studi manajemen keuangan syariah sebagai bagian dari masyarakat yang sedang menimba ilmu pendidikan tinggi. Kampus ini telah memberikan pengetahuan luas terkait investasi untuk membangun bibit muda generasi millenial dalam berinvestasi dan membuka peluang untuk mereka mendapatkan kesempatan belajar investasi dengan adanya mata kuliah penjurusan yakni mata kuliah portofolio. Dalam pembelajaran praktiknya sendiri, mahasiswa diperkenalkan secara langsung dalam penggunaan aplikasi trading online seperti stockbit, ajaib dan ipot. Dengan adanya ini tentu pastinya mereka yang sudah mencoba langsung untuk berinvestasi dengan modal terjangkau tentunya terdapat faktor yang mempengaruhi mereka dalam berinvestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah motivasi, pengetahuan investasi dan literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online, 2) apakah motivasi berpengaruh terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online, 3) apakah pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online, 4) apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen keuangan syariah angkatan 2020 dan teknik sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis metode sampling insidental. Dalam menentukan jumlah sampel menggunakan rumus slovin sehingga sampel diperoleh sebanyak 163 sampel. Teknik analisis data menggunakan model regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) motivasi, pengetahuan investasi dan literasi keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online, 2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online, 3) pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online, 4) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi millenial dalam berinvestasi di aplikasi trading online. Kata Kunci : Motivasi, Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Minat Investasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406193247 PENDIK SUSANTO
Date Deposited: 17 May 2023 08:28
Last Modified: 17 May 2023 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35251

Actions (login required)

View Item View Item