KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMPN 3 SRENGAT

FITRIATI HAMIDAH, 12204193078 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMPN 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Srengat” ini ditulis oleh Fitriati Hamidah, NIM. 12204193078, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi Tadris Matematika (TMT), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Bentuk Aljabar, Gaya BelajaR. Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang seharusnya dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis yang baik akan membantu siswa untuk memecahkan soal pemecahan masalah yang sering dijumpai pada soal-soal matematika. Kemampuan penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika pada materi bentuk aljabar. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika pada materi bentuk aljabar. (3) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika pada materi bentuk aljabar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yang diambil ada enam siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat yaitu dua siswa dengan gaya belajar visual, dua siswa dengan gaya belajar auditorial, dan dua siswa dengan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 5 indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu merepresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, mengimplementasikan strategi penyelesaian, mengevaluasi kembali, dan menggeneralisasi kesimpulan. (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 3 indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu merepresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, dan mengimplementasikan strategi penyelesaian. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 5 indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu merepresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, mengimplementasikan strategi penyelesaian, mengevaluasi kembali, dan menggeneralisasi kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FITRIATI HAMIDAH 12204193078
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:48
Last Modified: 08 Jun 2023 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35503

Actions (login required)

View Item View Item