FITRIATI HAMIDAH, 12204193078 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMPN 3 SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Srengat” ini ditulis oleh Fitriati Hamidah, NIM. 12204193078, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi Tadris Matematika (TMT), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Bentuk Aljabar, Gaya BelajaR. Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang seharusnya dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis yang baik akan membantu siswa untuk memecahkan soal pemecahan masalah yang sering dijumpai pada soal-soal matematika. Kemampuan penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika pada materi bentuk aljabar. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika pada materi bentuk aljabar. (3) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika pada materi bentuk aljabar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yang diambil ada enam siswa kelas VIII A SMPN 3 Srengat yaitu dua siswa dengan gaya belajar visual, dua siswa dengan gaya belajar auditorial, dan dua siswa dengan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 5 indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu merepresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, mengimplementasikan strategi penyelesaian, mengevaluasi kembali, dan menggeneralisasi kesimpulan. (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 3 indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu merepresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, dan mengimplementasikan strategi penyelesaian. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 5 indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu merepresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, mengimplementasikan strategi penyelesaian, mengevaluasi kembali, dan menggeneralisasi kesimpulan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | FITRIATI HAMIDAH 12204193078 |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:48 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35503 |
Actions (login required)
View Item |