PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ARIZAL KUBRO, 12208183052 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penguasaan konsep yang dimiliki siswa belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model konvensional atau metode ceramah, dimana siswa hanya memperhatikan materi dan mencatat yang disampaikan pendidik. Hal ini menimbulkan siswa kurang aktif dan merasa bosan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Permasalahan tersebut nantinya dapat mempengaruhi dan berdampak pada kurangnya penguasaan konsep dan keaktifan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian yang berjudul pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap penguasaan konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, (2) menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap penguasaan konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, (4) menganalisis hubungan antara kemampuan penguasaan konsep dengan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan lembar tes (pree-post), observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji reabilitas, uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji T, uji Manova dan uji korelasi dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap penguasaan konsep, ditunjukkan dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan siswa, ditunjukkan dengan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap penguasaan konsep dan keaktifan, ditunjukkan dengan uji manova yang nilai signifikansi pada pillai’tace, willks lambabda, hotelling’s trace, roy’s largest root yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000 > 0,05. (4) tidak terdapat hubungan antara penguasaan konsep dan keaktifan siswa, diperoleh nilai sig lebih dari 0,05 yakni 0,66. Dengan demikian model pembelajaran problem based learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep dan keaktifan siswa di kelas VIII MTsN 8 Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183052 MUHAMMAD ARIZAL KUBRO
Date Deposited: 26 May 2023 03:48
Last Modified: 26 May 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35669

Actions (login required)

View Item View Item