NIRWAHATU SHOLIHAH, 12206183071 (2023) PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL UNTUK MEMINIMALISASIEGOSENTRISMEANAKUSIADINI MELALUIPERMAINANULARTANGGA DI TKPKK DEYENG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Nirwahatu Sholihah,12206183071, 2022,“PenerapanModel Pembelajaran KooperatifStrukturalUntukMeminimalisasiEgosentrismeAnak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga di TK PKK Deyeng“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,Pembimbing Errifa Susilo., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Struktural,Meminimalisasiegosentrisme,PermainanUlar Tangga Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penerapan model pembelajaran kooperatif struktural untuk meminimalisasiegosentrisme anak usia dinimenggunakan permainan ular tanggaguna meningkatan kognitif anak. Anak menjadi lebih semangat dalam proses belajar. Dengan bantuan media ular tangga yang didalamnya terdapat tiga media yaitu papan ular tangga, dadu dan bidak.Dalam permainan ini terdapat tiga kegiatan yaitu hompimpauntuk menentukan urutan bermain agar tidak saling berebut, memutar daduuntuk menentukan berapa langkah dalam memainkan bidakdan memainkan bidak merupakan kegiatan inti dalam permainanserta menjawab pertanyaanyang didapatkan. Agar permainan tersebut dapat berjalan dengan baik guru melakukan persiapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Fokus penelitian : 1) Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan ular tangga di TK PKK Deyeng ?, 2) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan ular tangga di TK PKK Deyeng ?, 3) Bagaimanakah evaluasi model pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan ular tangga di TK PKK Deyeng ? Peneliti menggunakanpenelitiankualitatif dengan pendekatan deskriptifdan jenis yang digunakan yaitu studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di TK PKK Deyeng Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) perencanaan model pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan ular tangga di TK PKK Deyeng dengan : a) guru membuat RPPM dan RPPH, b)persiapan media ular tangga (papan ular tangga, dadu dan bidak) dan c) pembagian anggota kelompok. 2) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan ular tangga di TK PKK Deyeng dengan: a) guru dan siswa berdiskusi tata tertib permainan, b)persiapan media ular tangga, c) penerapan (hompimpa, memutar dadu, memainkan bidak serta menjawab pertanyaan. 3) evaluasi model pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dinimelalui permainan ular tangga di TK PKK Deyeng dengan : a) evaluasi guru bersama kepala sekolah, b)evaluasi guru bersama murid c) melakukan penilaian dengan teknik ceklis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183071 NIRWAHATU SHOLIHAH |
Date Deposited: | 25 May 2023 06:23 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35678 |
Actions (login required)
View Item |