PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS III-A MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NANI FAUZIAH, 2817123116 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS III-A MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover_luar.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_dalam.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V + DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi PTK dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan Peserta Didik Kelas III-A MIM Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Nani Fauziah, NIM. 2817123116, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Bapak Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang kreatif sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Mata pelajaran SBK selalu diberikan melalui metode ceramah, Tanya jawab, dan penugasan. Hasil belajar mereka banyak yang kurang dari KKM. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan dengan kerjasama yang menyenangkan karena peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) mampu meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran SBK pokok bahasan sub bab seni rupa peserta didik kelas III-A MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatan hasil belajar SBK pokok bahasan sub bab seni rupa peserta didik kelas III-A MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran SBK pokok bahasan sub bab seni rupa peserta didik kelas III-A MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatan hasil belajar SBK pokok bahasan sub bab seni rupa peserta didik kelas III-A MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran SBK adalah membagi peserta didik dalam beberapa kelompok yang tiap kelompoknya beranggotakan 4-5 orang, guru menyampaikan materi pelajaran dengan terlebih dahulu menjelaskan tujuan pelajaran, peserta didik belajar dalam kelompok yang telah dibentuk, guru menyiapkan lembar kerja sebagai pedoman kerja kelompok, guru mengevaluasi hasil belajar melalui kerja kelompok dan individual, guru memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki nilai unggul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung pada mata pelajaran SBK materi simbol dalam karya seni rupa dua dimensi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan peserta didik terhadap materi mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai KKM 70. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu hasil belajar peserta didik siklus 1 dengan nilai rata-rata 79,9 atau 77,2% dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 89,5 atau 95,6%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar SBK peserta didik kelas III-A MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tuluangagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd.I 2817123116 nani fauziah
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:17
Last Modified: 12 Aug 2016 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item View Item