PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI MICROSOFT 365 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 KEDIRI

REDA MIFTAQUL JANAH, 12204173233 (2023) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI MICROSOFT 365 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 KEDIRI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Blended Learning Berbasis Aplikasi Microsoft 365 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 6 Kediri” ini ditulis oleh Reda Miftaqul Janah dengan NIM 12204173233, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Blended Learning, Microsoft 365, dan hasil belajar Penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Blended Learning berbantuan aplikasi microsoft 365 pada materi bangun ruang sisi datar yang dilakukan di MTs Negeri 6 Kediri dilatarbelakangi oleh keterbatasan penyimpanan handphone akibat beragamnya media pembelajaran yang digunakan serta kebimbangan dalam penentuan model pembelajaran di era pembelajaran tatap muka terbatas saat ini. Sementara, kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar berperan penting untuk menciptakan belajar yang bermakna sehingga hasil belajar siswa yang masih rendah dapat meningkat. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi microsoft 365 terhadap hasil belajar matematika siswa serta untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Kediri setelah diterapkannya model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi Microsoft 365. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan 2 siklus. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Kediri yang menggunakan satu kelas diambil secara purposive yaitu kelas VIIIB. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis dan kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini bahwa Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan aplikasi microsoft 365 pada materi bangun ruang sisi datar memiliki nilai persentase pada siklus I sebesar 91,15% dan siklus II menjadi 92,31% menyatakan sangat positif. Hasil belajar siswa kelas VIIIB MTs Negeri 6 Kediri terjadi peningkatan pada materi bangun ruang sisi datar setelah diterapkan model pembelajaran Blended Learning berbantuan aplikasi Microsoft 365 . Dibuktikan dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 62,69 dan siklus II 83,08. Ketuntasan klasikal siklus I adalah 53,84% dan pada siklus II 84,61% memenuhi KKM pada materi bangun ruang sisi datar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning berbantuan aplikasi microsoft 365 dapat meningkatkan respon siswa dan hasil belajar siswa kelas VIIIB di MTs Negeri 6 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173233 Reda Miftaqul Janah
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:34
Last Modified: 05 Jun 2023 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35907

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item