LUTFI MAYASARI, 2811123129 (2016) PENGARUH KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek” ini ditulis oleh Lutfi Mayasari, NIM. 2811123129, pembimbing Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pendidikan akhlak di luar kelas dalam bentuk ekstrakurikuler kerohanian Islammerupakan aplikasi dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mempelajari bagaimana akhlak siswa kepada Allah SWT, akhlak siswa kepada sesama manusia, dan akhlak siswa kepada lingkungan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah kegiatan kerohanian Islam berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Allah di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah kegiatan kerohanian Islam berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa kepada sesama manusia di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek tahun ajaran 2015/2016? (3) Apakah kegiatan kerohanian Islam berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Allah, pembentukan akhlak siswa kepada sesama manusia dan pembentukan akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek tahun ajaran 2015/2016. Skripsi ini bermanfaat sebagai bahan masukan bagi pihak sekolah untuk menjadi sekolah yang berkualitas dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain baik di dalam maupun di luar negeri, bagi para guru sebagai masukan dan dorongan penyemangat untuk mendidik maupun pembina kegiatan kerohanian Islam untuk terus memotivasi siswa dalam belajar agar anak didiknya menjadi lebih berkualitas, bagi siswa diharapkan agar selalu aktif dalam mengikuti kegiatan kerohanian Islam dan menerapkan akhlak yang baik dalam bergaul baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat, bagi para pembaca/peneliti lain diharapkan dapat bermanfaat sebagai petunjuk, arahan, maupun acuan serta bahan pertimbangan supaya menghasilkan skripsi yang lebih berkualitas. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, dokumentasi dan interview. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan kerohanian Islam dan akhlak siswa kepada Allah SWT, kepada sesama manusia dan kepada lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Allah SWTdi Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek. Hasil hitung, baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% nilai “ro” lebih besar daripada “r” tabel teoritik. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima dan tingkat pengaruhnya dalam kategori sedang atau cukupan. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada sesama manusia di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek. Hasil hitung, baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% nilai “ro” lebih besar daripada “r” tabel teoritik. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima dan tingkat pengaruhnya dalam kategori sedang atau cukupan. Hasil penelitian yang ketiga menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek. Hasil hitung, pada taraf signifikan 1% nilai “ro” lebih kecil daripada “r” tabel teoritik. Dengan demikian hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Sedangkan pada taraf signifikan 5% nilai “ro” lebih besar daripada “r” tabel teoritik. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima dan tingkat pengaruhnya dalam kategori sedang atau cukupan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123129 LUTFI MAYASARI |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 02:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3633 |
Actions (login required)
View Item |