ANA ROUDLOTUL HASANAH, 12204183117 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MA MAARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (761kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas X MA Maarif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Ana Roudlotul Hasanah, NIM. 12204183117, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Creative Problem Solving, Kemampuan Pemahaman Konsep, Keterampilan Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari saat proses pembelajaran masih ada sebagian siswa yang kurang mempehatikan pelajaran bahkan kurang aktif dalam menyelesaikan soal matematika. Penyebab lainnya adalah siswa merasa bosan karena kurangnya keterlibatan siswa secara aktif oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal tersebutpada akhirnya memengaruhi kemampuan siswa dalam aspek pemahaman dan keteampilan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving ini nantinya siswa dapat lebih tertarik untuk belajar matematika dengan memanfaatkan sumber belajar yang dibutuhkan, sehingga kemampuan siswa dalam pemahaman dan keterampilan juga akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemahamn konsep matematika materi trigonometri siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MA MA’aif NU Kota Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemahamn konsep dan keterampilan pemecahan masalah matematika materi trigonometri siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Maarif Nu Kota Blitar sebanyak 138 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan 16 peserta didik X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solvingterhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi trigonometri siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf sig. 5%, (2) Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf sig. 5%, (3) hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar, Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf sig. 5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183117 ANA ROUDLOTUL HASANAH |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 01:17 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 01:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36631 |
Actions (login required)
View Item |